Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor

Biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor

Biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor – Ultrasonografi atau biasa disebut sebagai USG ialah sebuah prosedur medis yang disarankan kepada ibu hamil. Dimana melalui pemeriksaan USG tersebut dokter dapat melihat gambar atau citra dari kondisi bagian dalam tubuh ibu hamil serta janinnya.

Biasanya tenaga medis menganjurkan kepada ibu hamil untuk melakukan USG pertama kali pada usia kehamilan 4 sampai 6 minggu. Pada usia kandungan 4 sampai 6 minggu kantung kehamilan sudah mulai terlihat, namun untuk bentuk ukuran serta detak jantung biasanya membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

Pemeriksaan USG sendiri saat ini terbagi menjadi beberapa jenis, mulai dari 2D, 3D, hingga 4D. Sebenarnya, USG 4D memiliki manfaat yang sama dengan 2D dan 3D, hanya saja hasil pemeriksaannya akan lebih detail. Salah satu rumah sakit di Indonesia yang sudah menyediakan layanan USG 4D yaitu RSIA Pasutri Bogor.

Akan tetapi, tentunya Rumah Sakit Ibu dan Anak Pasutri Bogor tersebut pastinya memiliki ketentuan mengenai tarif atau biaya jasa pelayanannya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor terbaru.

Tujuan USG 4D

Tujuan USG 4D

Seperti dijelaskan sebelumnya, USG 4D atau 4 Dimensi dinilai lebih disarankan ketimbang USG 2D maupun 3D. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya USG 4D mampu menyajikan gambar bergerak seperti halnya video sehingga pasien bisa melihat aktivitas serta kondisi janin secara lebih detail.

USG 4D juga dapat membantu dokter dalam mendeteksi kemungkinan adanya gangguan pada janin saat masih di dalam kandungan. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa manfaat ataupun tujuan lainnya dari pemeriksaan USG 4D.

  • Memastikan kehamilan serta lokasi janin.
  • Menentukan usia kehamilan pasien.
  • Mendeteksi jumlah janin di dalam kandungan.
  • Mendeteksi kehamilan di luar rahim (kehamilan ektopik).
  • Mengidentifikasi cacat lahir pada janin.
  • Memantau pertumbuhan janin selama masa kehamilan.
  • Memantau pergerakan serta denyut jantung janin.
  • Mengevaluasi kondisi plasenta beserta cairan ketuban.

Waktu Ideal USG 4D

Waktu Ideal USG 4D

Sebelum membahas rincian biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu kapan waktu ideal melakukan pemeriksaan tersebut. Sebenarnya, pasien bisa melakukan USG 4D kapan pun, entah itu di awal kehamilan, pertengahan ataupun menuju persalinan.

Dengan kata lain, dokter akan menganjurkan pasiennya untuk melakukan USG 4D pada trimester pertama, trimester kedua serta trimester ketiga. Tentunya setiap pemeriksaan pada setiap trimester memiliki tujuannya masing-masing dan pastinya akan sangat bermanfaat bagi pasien.

Prosedur USG 4D di RS Pasutri Bogor

Prosedur USG 4D di RS Pasutri Bogor

Selain diwajibkan membayar biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pemeriksaannya. Secara garis besar, pemeriksaan USG 4D sama seperti saat pemeriksaan 2D ataupun 3D karena sama-sama menggunakan gelombang suara.

Hanya saja pemeriksaan USG 4D di RS Pasutri Bogor mampu memperlihatkan gambaran janin menjadi lebih detail dan lebih jelas. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-bak prosedur USG 4D di Rumah Sakit Pasutri Bogor berikut ini.

  1. Pertama, pasien diminta berbaring di meja pemeriksaan.
  2. Setelah itu, dokter mengoleskan gel di perut pasien lalu menempelkan transduser.
  3. Kemudian alat tersebut nantinya akan digeser-geser selama pemeriksaan sampai mendapatkan visualisasi atau gambar janin yang optimal.
  4. Nantinya pasien dan dokter bisa melihat gambar bergerak melalui layar monitor.
  5. Terakhir, dokter akan menjelaskan hasil pemeriksaan sembari mengamati pergerakan janin.

Biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor

Rincian Biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor

Perlu diketahui, tentunya biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor jauh lebih mahal ketimbang USG DI PUSKESMAS. Hal tersebut dikarenakan Rumah Sakit Ibu dan Anak Pasutri Bogor memiliki fasilitas atau peralatan medis lebih lengkap dibandingkan di puskesmas.

Untuk besaran tarif atau harga USG 4D di RS Pasutri Bogor sendiri dimulai dari Rp 560.000 per pemeriksaannya. Di dalam besaran biaya tersebut sudah mencakup biaya konsultasi dokter obgyn lalu foto dan video hasil USG yang dikirimkan dalam bentuk link download melalui SMS.

Menariknya lagi, Rumah Sakit Pasutri Bogor kerap memberikan promo kepada para pasien berupa potongan harga. Oleh sebab itu, sebelum melakukan USG 4D di RS Pasutri Bogor ada baiknya tanyakan terlebih dahulu apakah ada promo potongan harga ataupun tidak.

Call Center RS Pasutri Bogor

Call Center RS Pasutri Bogor

Di atas sudah dijelaskan secara rinci mengenai besaran biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor disertai prosedur pemeriksaannya. Jika masih bingung, kalian juga bisa menanyakannya secara langsung kepada pihak RSIA Pasutri Bogor di beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : 0251 – 8349707
  • Fax : 0251 – 8331938
  • Facebook : @rsiapasutribogor
  • Twitter : @rsiapasutribogor
  • Instagram : @rsiapasutribogor

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa besaran tarif jasa pelayanan USG 4D di Rumah Sakit Pasutri Bogor hampir sama seperti rumah sakit pada umumnya. Hanya saja RSIA Pasutri bogor kerap memberikan promo berupa potongan harga kepada para pasien ketika hendak memeriksakan kandungannya melalui USG 4D.

Itulah sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar rincian biaya USG 4D di RS Pasutri Bogor dilengkapi prosedur pemeriksaannya. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan pemeriksaan USG 4D di RSIA Pasutri Bogor.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *