Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Agen BRILink

Biaya Agen BRILink

Biaya Agen BRILink – Agen BRILink merupakan perluasan layanan perbankan tanpa kantor yang diinisiasi oleh bank BRI. Hadirnya agen BRILink sangat membantu masyarakat dalam memanfaatkan layanan perbankan khususnya bank BRI sesuai kebutuhan.

Sebagaimana diketahui, agen BRILink melayani transaksi keuangan kepada para masyarakat secara real time online menggunakan mesin EDC BRI ataupun aplikasi BRILink Mobile. Nantinya agen BRILink akan mendapatkan kompensasi atau komisi dari bank BRI dengan pembagian berkonsep sharing fee.

Menariknya lagi, semua nasabah bank BRI juga bisa menjadi agen BRILink sehingga bisa melayani transaksi perbankan kepada masyarakat. Akan tetapi, setiap nasabah yang ingin menjadi agen BRILink diharuskan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya, salah satunya yaitu membayar biaya administrasinya.

Oleh sebab itu, jika diantara kalian berencana ingin menjadi agen BRILink, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya agen BRILink disertai syarat hingga cara pendaftarannya.

Produk Layanan BRILink

Produk Layanan BRILink

Hingga sampai saat ini, setidaknya terdapat 3 produk layanan yang akan didapatkan setelah menjadi agen resmi BRILink. Adapun beberapa produk layanan keagenan BRILink tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

1. Laku Pandai

Layanan Laku Pandai merupakan bagian dari keagenan BRILink dimana agen dapat menyediakan berbagai macam layanan transaksi perbankan, akan tetapi tidak melalui jaringan BRI. Beberapa fasilitas di dalam layanan Laku Pandai yaitu seperti fitur Cash In dan Cash Out, Report, tarik tunai, setoran uang, isi ulang pulsa hingga berbelanja di merchant pilihan.

2. T-Bank

Produk layanan keagenan BRILink selanjutnya yaitu ada T-Bank. T-Bank ialah layanan keuangan berbasis digital yang menggunakan server milik bank BRI. Kalian hanya perlu menggunakan nomor ponsel yang nantinya didaftarkan sebagai nomor rekening tabungan. Biasanya di dalam layanan ini tersedia fasilitas setoran tabungan, setoran pinjaman hingga tarik tunai.

3. Mini ATM BRI

Produk layanan BRILink terakhir yaitu mini ATM BRI. Dimana fitur tersebut memungkinkan agen BRILink melakukan transaksi non tunai menggunakan mesin EDC mini ATM BRI. Adapun beberapa fitur di dalam mini ATM BRI yaitu seperti registrasi mobile banking dan internet banking, pembayaran tagihan, transfer uang, isi ulang pulsa hingga setor tunai.

Syarat Menjadi Agen BRILink

Syarat Menjadi Agen BRILink

Seperti dijelaskan di atas, selain membayar biaya agen BRILink, kalian juga diharuskan memenuhi seluruh dokumen atau berkas persyaratan pendaftarannya. Sebenarnya syarat menjadi agen BRILink hampir sama seperti pada saat nasabah pertama kali membuka rekening tabungan di bank BRI.

  • WNI perseorangan atau instansi non berbadan hukum.
  • Sudah pernah memiliki usaha minimal 2 tahun.
  • Memiliki rekening tabungan atau simpanan berkartu di bank BRI.
  • Mempunyai smartphone Android minimal OS 4.4 (Kitkat), akses internet serta printer mobile.
  • Mempunyai surat keterangan usaha.
  • Belum pernah menjadi agen dari bank penyelenggara Laku Pandai lainnya.

Cara Menjadi Agen BRILink

Cara Menjadi Agen BRILink

Setelah dirasa memenuhi semua persyaratan umum tersebut, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti bagaimana proses pengajuan menjadi agen BRILink. Saat ini cara menjadi agen BRILink hanya dapat dilakukan secara offline, yaitu mengunjungi kantor cabang bank BRI secara langsung. Sebelum pembahasan biaya agen BRILink berlanjut, berikut adalah tata cara pengurusannya.

  1. Kunjungi kantor cabang bank BRI terdekat.
  2. Setelah sampai, silahkan serahkan semua dokumen persyaratan menjadi agen BRILink, mulai dari kartu identitas pribadi, buku tabungan maupun rekening koran.
  3. Memberikan fotokopi dokumen legalitas usaha seperti SIUP, SITU atau TDP (untuk agen berbadan usaha), akta pendirian (untuk agen usaha berbadan hukum) serta surat izin usaha lainnya.
  4. Sementara bagi individu, menyerahkan fotokopi surat keterangan pengangkatan pegawai tetap atau surat keterangan pensiunan.
  5. Kemudian mengisi formulir pengajuan agen BRILink serta menandatangani perjanjian kerja sama BRILink.
  6. Setelah semua beres, calon agen diminta untuk menunggu proses survei kondisi lapangan.

Biaya Agen BRILink

Rincian Biaya Agen BRILink

Seperti halnya AGEN LION PARCEL, seseorang yang hendak menjadi agen BRILink juga diwajibkan membayar sejumlah biaya registrasi atau pendaftaran. Dalam hal ini calon agen harus mempersiapkan anggaran biaya sebesar Rp 3.000.000 untuk mendapatkan mesin EDC mini ATM BRI.

Selain itu, calon agen BRILink juga harus mempersiapkan modal awal dengan menyiapkan saldo untuk bertransaksi sehingga bisa memenuhi semua permintaan pelanggan. Misalkan di awal calon agen perlu mempersiapkan modal untuk saldo sebesar Rp 3.000.000.

Dari data di atas, total biaya yang perlu calon agen BRILink persiapkan yaitu kurang lebih sekitar Rp 6.000.000. Supaya lebih aman, saran kami sebaiknya siapkan saldo transaksi keagenan BRILink lebih dari Rp 3.000.000.

Komisi Agen BRILink

Komisi Agen

Sebagaimana diketahui, terdapat dua sumber pendapatan agen BRILink, yaitu sharing fee 50:50 dengan bank BRI serta dari pendapatan tambahan. Umumnya agen BRILink akan mendapatkan komisi sebesar Rp 1.500 sesama bank dan Rp 5.000 antar bank dari setiap transaksi yang berhasil dilakukan.

Sementara pendapatan tambahan agen BRILink didapatkan dari biaya transaksi nasabah sebesar Rp 5.000 sampai Rp 10.000 setiap transaksinya. Namun, besaran biaya transaksi tersebut tergantung pada agen BRILink itu sendiri.

Jadi, dalam satu bulan rata-rata agen BRILink dapat mendapatkan keuntungan sebesar Rp 4.500.000 sampai Rp 6.000.000. Perlu diingat, perhitungan ini hanya sebuah gambaran saja, jadi besar kecilnya pendapatan bisa berbeda, tergantung pada kondisinya.

Keunggulan dan Kelemahan Agen BRILink

Keunggulan dan Kelemahan Agen BRILink

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya agen BRILink beserta perhitungan komisinya. Setiap bidang pekerjaan pastinya memiliki sejumlah keuntungan serta risiko tersendiri. Sebagai bahan pertimbangan, berikut akan kami berikan keunggulan serta kelemahan menjadi agen BRILink.

1. Keunggulan

  • Mendapatkan nilai pertanggungan kecelakaan diri dan cacat Rp 2.500.000.
  • Mendapatkan tunjangan pendidikan serta santunan pendapatan Rp 1.000.000.
  • mendapatkan santunan dukan Rp 500.000.
  • Mendapatkan asuransi kebakaran Rp 25.000.000.

2. Kelemahan

  • Harus memiliki jaminan dari mesin EDC.
  • Supaya bisa berjalan, agen BRILink membutuhkan modal usaha.
  • Pihak bank BRI memiliki ketentuan terkait target transaksi kepada para agennya, yaitu minimal 200 transaksi per bulan dan jika kurang maka akan dikenakan penalti.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya agen BRILink beserta syarat hingga tata cara pendaftarannya. Apabila kalian tertarik menjadi salah satu agen, sebaiknya pelajari dulu baik-baik semua syarat hingga proses pengajuannya.

Jangan lupa untuk memperhitungkan pendapatan setiap bulannya ketika menjadi agen BRILink. Jika pendapatan tersebut dirasa tidak mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, alangkah baiknya evaluasi terlebih dahulu.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Agen J&T

Sofyan
3 min read

Biaya Agen Gas Elpiji

Sofyan
4 min read

Biaya Agen Lion Parcel

Sofyan
4 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *