Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Cek Darah DBD di Prodia 2022 : Gejala & Prosedur

Biaya Cek Darah DBD di Prodia

Biaya Cek Darah DBD di Prodia – Demam disertai nyeri sendi dan muncul ruam di permukaan kulit merupakan gejala demam berdarah dengue (DBD) yang paling khas. Meskipun demikian, masih cukup banyak juga orang yang ragu apakah kondisi tersebut benar-benar gejala DBD atau bukan.

Sebagaimana diketahui, demam berdarah dengue sendiri ialah sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus Dengue. Dimana virus tersebut dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus yang banyak ditemukan di wilayah tropis maupun subtropis.

Oleh sebab itu, untuk memastikan apakah seseorang terkena penyakit DBD atau tidak, maka mereka dianjurkan untuk melakukan tes darah. Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini pemeriksaan darah DBD sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu Klinik Prodia.

Akan tetapi, apabila kalian berencana ingin melakukan tes darah DBD di Klinik Laboratorium Prodia terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya cek darah DBD di Prodia dilengkapi dengan prosedurnya.

Gejala DBD

Gejala DBD

Perlu diketahui, DBD merupakan kondisi yang dapat mengakibatkan kerusakan dan kebocoran pada pembuluh darah serta membuat trombosit ataupun sel keping darah menurun. Apabila kondisi tersebut tidak segera ditangani, maka bisa berbahaya bagi kesehatan manusia, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Kesehatan

Maka dari itu, sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya cek darah DBD di Klinik Laboratorium Prodia lebih lanjut, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa gejalanya. Adapun beberapa gejala penyakit DBD tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Demam hingga mencapai 40 derajat celcius atau lebih.
  • Sakit kepala berat.
  • Nyeri pada sendi, otot hingga tulang.
  • Tidak nafsu makan.
  • Nyeri di bagian belakang mata.
  • Mual dan muntah.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Munculnya ruam kemerahan sekitar 2 sampai 5 hari setelah demam.

Prosedur Cek Darah DBD di Prodia

Prosedur Cek Darah DBD di Prodia

Selain harus mengetahui besaran biaya cek darah DBD di Klinik Laboratorium Prodia, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pemeriksaannya. Secara garis besarnya, tes darah di Prodia dilakukan sebagai pemeriksaan kesehatan seperti medical check up atau untuk mendiagnosis suatu penyakit.

Nantinya sampel darah yang diambil dari pasien akan dibagi lagi menjadi beberapa jenis tes dengan fungsi berbeda-beda. Untungnya, Prodia sebagai Klinik Laboratorium terbesar di Indonesia termasuk ke dalam fasilitas pelayanan yang paling lengkap, termasuk menyediakan cek darah DBD.

Dimana hingga kini setidaknya Klinik Laboratorium Prodia memiliki 3 jenis layanan yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan cek darah DBD. Agar lebih jelasnya, langsung saja simak baik-baik prosedur cek darah DBD di Prodia berikut ini.

1. Tes Darah Lengkap

Jenis tes darah lengkap dilakukan untuk menghitung kadar komponen darah guna mendiagnosis trombosit, plasma serta hematokrit. Di Klinik Laboratorium Prodia sendiri terdapat lebih dari satu jenis tes darah yang dapat dilakukan oleh para pelanggannya.

2. Tes NS1

Kemudian prosedur cek darah DBD di Prodia selanjutnya bisa dilakukan melalui tes NS1. Dimana tes tersebut dibutuhkan untuk melihat jenis protein NS1 yang ada di dalam virus dengue. Pada umumnya tes NS1 dilakukan di awal masa infeksi, yakni 0 – 7 sejak gejala pertama muncul.

3. Tes Serologi IgG/IgM

Kemudian prosedur cek darah terakhir di Prodia yaitu ada Imunoglobulin G (IgG) atau Imunoglobulin M (IgM) sebagai jenis antibodi yang terbentuk ketika tubuh terinfeksi penyakit tersebut.

Biaya Cek Darah DBD di Prodia

Setelah mengetahui beberapa gejala hingga prosedur cek darah DBD di Klinik Laboratorium Prodia, maka selanjutnya tinggal masuk ke pembahasan utama terkait biayanya. Seperti halnya biaya tes HSG di Prodia, besaran biaya cek darah DBD di klinik laboratorium tersebut bisa saja berbeda di masing-masing cabang.

Dimana untuk saat ini pelanggan bisa melakukan cek darah DBD di Klinik Laboratorium Prodia dengan harga mulai dari Rp 49.000 sampai Rp 621.000. Perlu diketahui, di dalam besaran biaya cek darah DBD di Klinik Laboratorium Prodia tersebut biasanya sudah mencakup beberapa pelayanan kesehatan lainnya.

Tips Mencegah DBD

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya cek darah DBD di Prodia semua cabang dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya. Sebenarnya cara paling ampuh untuk mencegah DBD yaitu memastikan bahwa kalian tidak digigit nyamuk Aedes Aegypti. Akan tetapi, selain itu kalian juga bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk mencegah DBD.

  • Menguras bak mandi seminggu sekali.
  • Membersihkan wadah penampung air lainnya secara rutin.
  • Memasang kasa di setiap lubang ventilasi dan jendela.
  • Memasang kelambu nyamuk di kamar tidur.
  • Jangan menumpuk ataupun menggantung baju terlalu lama.
  • Gunakan lotion atau krim antinyamuk ketika ingin bepergian atau ke tempat terbuka.
  • Gunakan pakaian tertutup saat keluar rumah.
  • Melakukan fogging.
  • Pangkas dan bersihkan tanaman liar di sekitar pekarangan rumah.
  • Melakukan vaksin DBD.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya cek darah DBD di Klinik Laboratorium Prodia semua cabang dilengkapi dengan jenis prosedur pemeriksaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani pemeriksaan darah DBD di Klinik Lab Prodia terdekat.

Sumber gambar : fkm.unair.ac.id, alodokter.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.