Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Tes TORCH di Prodia

Biaya Tes TORCH di Prodia

Biaya Tes TORCH di Prodia – TORCH atau biasa disebut juga dengan TORCHS merupakan singkatan dari beberapa nama penyakit infeksi. Adapun beberapa nama penyakit infeksi tersebut diantaranya yaitu Toksoplasmosis, Rubella, Cytomegalovirus, Herpes simplex virus serta Sifilis.

Pada dasarnya, ketika tubuh seseorang terserang mikroorganisme asing bakteri atau virus, sistem kekebalan tubuh akan memproduksi senyawa bernama antibodi. Senyawa antibodi ini memiliki peran penting terhadap tubuh manusia, yaitu melawan dan mencegah datangnya penyakit.

Dalam hal ini, pengecekan TORCH dilakukan untuk mendeteksi antibodi yang dihasilkan oleh tubuh ketika terserang mikroorganisme penyebab beberapa penyakit infeksi di atas. Saat ini pemeriksaan TORCH juga sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di lab Klinik Prodia.

Namun, sebelum mengunjungi Klinik Prodia untuk menjalani tes TORCH, alangkah baiknya ketahui terlebih dahulu berapa tarif atau biaya jasa pelayanannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tes TORCH di Prodia, baik itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS.

Apa Itu Tes TORCH?

Apa Itu Tes TORCH

Sebelum membahas mengenai biaya tes TORCH di Prodia lebih lanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu pengertiannya. Tes TORCH merupakan serangkaian pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit infeksi pada ibu hamil beserta calon bayi.

Pemeriksaan TORCH dilakukan sebagai skrining awal infeksi dengan mendeteksi kadar antibodi bernama imunoglobin. Dengan melakukan pemeriksaan TORCH, infeksi jadi bisa terdeteksi sejak dini sehingga risiko penularan ataupun komplikasi infeksi pada janin bisa dicegah.

Fungsi Tes TORCH

Fungsi Tes TORCH

Seperti dijelaskan di atas, tes TORCH perlu dilakukan untuk mendeteksi ada atau tidaknya infeksi toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus dan herpes simpleks pada janin. Apabila ibu hamil terkena infeksi selama masa kehamilan, maka kemungkinan besar janin juga ikut terinfeksi.

Perlu diketahui, janin lebih rentan mengalami infeksi pada usia 3 bulan sampai 4 bulan kehamilan. Infeksi TORCH tersebut bisa menyebabkan masalah kesehatan pada bayi seperti cacat lahir, pertumbuhan terhambat serta gangguan otak dan sistem saraf.

Waktu Ideal Tes TORCH

Waktu Ideal TORCH

Dokter di klinik Prodia biasanya melakukan tes TORCH pada pemeriksaan kondisi kehamilan pertama. Tes lanjutan kemudian akan dilaksanakan apabila calon ibu mengalami gejala infeksi selama kehamilan.

Selain pada ibu hamil, tes TORCH juga sebenarnya bisa dilakukan apabila bati mengalami gejala atau tanda infeksi. Berikut adalah beberapa gejala infeksi pada bayi yang memerlukan tindakan tes TORCH.

  • Ukuran tubuh lebih kecil jika dibandingkan dengan usia kehamilan sang ibu.
  • Tuli.
  • Pertumbuhan terhambat.
  • Kejang-kejang.
  • Kelainan jantung.
  • Katarak.
  • Pembesaran pada hati atau limpa.
  • Kadar trombosit rendah.
  • Bayi kuning.

Prosedur Tes TORCH di Prodia

Prosedur Tes TORCH di Prodia

Selain membayar biaya tes TORCH di Prodia, pasien juga diharuskan mengikuti seluruh rangkaian prosedur pelaksanaan pemeriksaannya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik prosedur pemeriksaan TORCH di Klinik Prodia berikut ini.

Tahap Awal

Pertama, petugas medis membersihkan lokasi pengambilan darah menggunakan cairan antiseptik. Tahap ini diperlukan untuk membunuh kuman di permukaan kulit pasien. Kemudian lengan atas pasien akan diikat menggunakan perban elastis supaya aliran darah bisa terkumpul dan pembuluh darah vena lebih mudah ditemukan.

Tahap Pemeriksaan

Setelah vena ditemukan, petugas medis mengambil darah mengunakan jarum suntikan. Lalu petugas medis memasang tabung khusus di belakang jarum suntik sebagai penampung darah pasien.

Tahap Akhir

Apabila darah sudah cukup, jarum dilepas dan bagian yang disuntik tadi akan ditutup menggunakan perban. Biasanya proses pengambilan darah ini hanya membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 5 menit. Pasien mungkin akan merasakan sedikit nyeri pada saat jarum disuntikkan atau dilepaskan.

Biaya Tes TORCH di Prodia

Rincian Biaya Tes TORCH di Prodia

Setelah mengetahui bagaimana prosedur pemeriksaan TORCH di Prodia, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar harga atau biayanya. Jika dibandingkan dengan BIAYA RONTGEN GIGI DI PRODIA, maka tarif pemeriksaan TORCH akan jauh lebih mahal.

Biasanya besaran biaya tes TORCH di Prodia cukup berbeda di beberapa cabang, seperti di Solo ataupun Semarang. Meskipun demikian, selisih perbedaan biaya pemeriksaannya tidak akan terlalu jauh, yaitu mulai dari Rp 3.000.000 hingga Rp 4.000.000.

Perlu diingat, biaya di atas merupakan biaya yang dibebankan kepada pasien umum Klinik Prodia. Jika pasien merupakan peserta BPJS Kesehatan, maka umumnya mereka akan mendapatkan diskon atau potongan biaya sekitar 10%, asalkan memenuhi syarat beserta ketentuannya.

Risiko Tes TORCH di Prodia

Risiko Cek TORCH

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya tes TORCH di Prodia beserta prosedur pelaksanaanya. Meskipun tes TORCH di Prodia merupakan prosedur aman, namun tidak menutup kemungkinan akan ada risiko atau efek sampingnya. Nah, di bawah ini adalah beberapa risiko dari pemeriksaan TORCH.

  • Pasien mengalami pendarahan.
  • Kehilangan kesadaran sementara (pingsan).
  • Memerlukan banyak suntikan dalam menemukan pembuluh darah vena.
  • Darah menumpuk di bawah kulit (hematoma atau lebam).
  • Infeksi.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran harga atau tarif pemeriksaan TORCH di Klinik Prodia bisa berbeda di beberapa cabang atau wilayah. Perbedaan tersebut biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tingkat kesulitan serta risiko pemeriksaannya.

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar rincian biaya tes TORCH di Prodia entah itu bagi pasien umum ataupun pasien BPJS. Semoga informasi di atas bermanfaat serta dapat dijadikan gambaran ketika hendak menjalani tes TORCH di Klinik Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *