Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

√ Biaya Tes HSG di Prodia 2022 : Syarat, Prosedur & Efek Samping

Biaya Tes HSG di Prodia

Biaya Tes HSG di Prodia – Sebagaimana diketahui, HSG atau histerosalpingografi merupakan salah satu jenis pemeriksaan radiologi yang berguna untuk mengevaluasi kondisi rahim dan tabung saluran indung telur (tuba falopi). Tidak hanya perempuan saja, tes HSG juga termasuk ke dalam jenis tes kesuburan yang ditujukan untuk pasangan suami istri yang tak kunjung mendapatkan keturunan.

Pada umumnya, tes HSG dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan calon ibu hamil. Selain itu, pemeriksaan tersebut juga bisa dilakukan untuk mengetahui apa penyebab keguguran berulang. Sementara untuk prosedur tes HSG sendiri dilakukan dengan cara memasukkan cairan kontras ke dalam rongga rahim dan tuba falopi.

Di Indonesia sendiri, saat ini pemeriksaan HSG sudah bisa dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu Klinik Laboratorium Prodia. Akan tetapi, pastinya setiap cabang Klinik Laboratorium Prodia mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga untuk setiap jenis pelayanannya, termasuk pemeriksaan HSG.

Oleh karena itu, apabila kalian berencana mengunjungi Klinik Laboratorium Prodia terdekat untuk menjalani tes HSG, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya tes HSG di Prodia semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaannya.

Apa Itu Tes HSG?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya tes HSG di Klinik Laboratorium Prodia berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, HSG atau histerosalpingografi ialah sebuah pemeriksaan untuk melihat rahim dan saluran tuba dengan menggunakan bentuk khusus sinar-x, yaitu fluoroskopi dan pewarna kontras.

Dimana pemeriksaan tersebut dilakukan guna mengetahui bentuk, ukuran serta struktur rongga rahim sehingga dapat mendeteksi beberapa kelainan. Pada intinya, tes HSG dilakukan dengan proses pewarna kontras yang larut di dalam air akan disuntikan sehingga membuat bentuk rahim dan saluran tuba bisa terlihat.

Manfaat Tes HSG

Perlu diketahui, tes HSG bertujuan untuk memeriksa bagian sistem reproduksi perempuan yang menjadi penyebab beberapa masalah, salah satunya sulit hamil. Selain itu, pemeriksaan HSG di Prodia juga bisa digunakan guna menyelidiki kasus keguguran yang berulang dan kelainan rahim seperti tumor jinak di rahim perempuan.

Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik sejumlah manfaat menjalani tes HSG di Klinik Laboratorium Prodia.

  • Membilas penyumbatan kecil yang ada di tuba falopi sehingga memudahkan perempuan untuk hamil.
  • Memperbaiki endometrium (lapisan rahim) dan membuatnya menjadi lebih kondusif untuk kehamilan serta membantu embrio dapat tertanam.
  • Meningkatkan ovilasi karena zat kontras bisa memengaruhi daerah sekitar ovarium.
  • Mampu meningkatkan peluang hamil.

Syarat Tes HSG di Prodia

Pada umumnya, tes HSG dilakukan pada hari kesembilan sampai kedua belas setelah hari pertama menstruasi. Untuk menjalani tes HSG di Klinik Laboratorium Prodia, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Adapun sejumlah syarat tes HSG di Prodia tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Perempuan tidak boleh melakukan hubungan intim dengan pasangannya minimal 2 hari sebelum melakukan tes.
  • Pemeriksaan HSG tidak boleh dilakukan ketika seorang wanita sedang mengalami menstruasi.
  • HSG sebaiknya tidak dilakukan ketika seorang perempuan mengalami infeksi di saluran reproduksi atau di daerah panggul (pelvis) yang kronis, penyakit seksual menular dan baru menjalani operasi rahim atau operasi saluran telur.

Prosedur Tes HSG di Prodia

Prosedur Tes HSG di Prodia

Selain harus mengetahui besaran biaya tes HSG di Klinik Laboratorium Prodia, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pemeriksaannya. Biasanya prosedur HSG di Prodia akan dilakukan didalam ruang X-ray selama kurang lebih sekitar 15 – 30 menit. Agar lebih jelasnya, berikut akan kami berikan prosedur tes HSG di Prodia.

  1. Pertama-tama, pasien diminta berbaring dengan kaki sejajar dalam posisi tepat di bawah fluoroskopi.
  2. Nantinya kamera X-ray akan digunakan untuk mengambil foto bagian tubuh tertentu selama proses pemeriksaan berlangsung.
  3. Setelah bagian tubuh diambil gambarnya, dokter akan meminta pasien membuka kali lebar-lebar sambil diketuk.
  4. Ahli medis memasukkan spekulum ke dalam vagina pasien guna melihat bagian dalamnya.
  5. Mulut atau leher rahim akan dibersihkan dengan sabun khusus.
  6. Ujung serviks kemudian diberikan anestesi lokal sebagai pereda nyeri untuk pasien.
  7. Ketika spekulum telah berhasil dimasukkan, zat kontras siap untuk dimasukkan.

Biaya Tes HSG di Prodia

Setelah mengetahui sekilas pengertian, manfaat hingga syarat dan prosedur tes HSG di Prodia, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya atau tarif jasa pelayanannya. Perlu diketahui, besaran biaya pemeriksaan HSG di Klinik Laboratorium Prodia bisa berbeda untuk masing-masing cabang karena terpengaruh oleh sejumlah hal.

Untuk saat ini, kalian bisa mendapatkan layanan pemeriksaan HSG di Klinik Laboratorium Prodia dengan harga mulai dari Rp 1.650.000. Apabila dibandingkan dengan biaya cek sperma di Prodia, maka besaran tarif pemeriksaan HSG terbilang cukup mahal. Dimana di dalam besaran tersebut sudah mencakup biaya pendaftaran, biaya tes hingga konsultasi dokter.

Efek Samping Tes HSG di Prodia

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya tes HSG di Klinik Laboratorium Prodia semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaannya. Meskipun tes HSG di Prodia merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun tetap saja terdapat beberapa risiko atau efek samping yang perlu diperhatikan.

Oleh sebab itu, sebagai bahan pertimbangan sebelum menjalani tes HSG di Klinik Laboratorium Prodia, berikut akan kami berikan sejumlah efek sampingnya.

  • Demam.
  • Nyeri dan kram sangat hebat.
  • Keluar cairan berbau dari vagina.
  • Pingsan.
  • Pendarahan hebat dari vagina.
  • Muntah.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya tes HSG di Prodia semua cabang dilengkapi dengan prosedur hingga efek samping pemeriksaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani tes HSG di Klinik Laboratorium Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *