Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Darah di Bio Medika 2022 : Fungsi, Jenis & Prosedur

Biaya Cek Darah di Bio Medika

Biaya Cek Darah di Bio Medika – Sebagaimana diketahui, darah yang mengalir ke seluruh tubuh manusia bertindak sebagai media pembawa nutrisi serta oksigen penting. Dimana darah membawa limba kembali ke sistem eksresi untuk dibuang. Akan tetapi, kelancaran aliran darah akan terganggu apabila terdapat sebuah gangguan medis.

Jika memang seseorang mengalami gangguan atau permasalahan medis, maka salah satu cara untuk mengidentifikasinya yaitu dengan melakukan cek darah. Untungnya saat ini cek ataupun tes darah sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Bio Medika.

Namun, sebelum mengunjungi Klinik Laboratorium Bio Medika untuk melakukan tes darah, kalian perlu mengetahui bahwa tempat pelayanan tersebut memiliki ketentuan mengenai tarif atau biaya administrasinya. Meskipun saat ini Bio Medika sudah mempunyai beberapa cabang klinik, tetapi rata-rata mereka mematok harga yang serupa untuk layanan cek darah.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai biaya cek darah di Klinik Bio Medika untuk semua cabangnya. Selain itu, di bawah ini juga akan kami jelaskan bagaimana prosedur pemeriksaan darah pasien beserta apa saja risiko ataupun efek sampingnya.

Fungsi Cek Darah

Sebelum membahas poin utama terkait besaran biaya cek darah di semua cabang Klinik Bio Medika, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa fungsi atau tujuannya. Seperti dijelaskan sebelumnya, secara garis besar cek darah dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi suatu penyakit di dalam tubuh seseorang.

Dengan kata lain, cek darah perlu dilakukan oleh seseorang untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa manfaat atau fungsi cek darah di Klinik Laboratorium Bio Medika.

  • Mengidentifikasi peradangan akut.
  • Mengidentifikasi kondisi infeksi radang di dalam tubuh pasien.
  • Memantau kandungan elektrolit dan mineral di dalam tubuh pasien.
  • Mengidentifikasi risiko jantung.
  • Menghitung total darah dalam tubuh.
  • Mengidentifikasi penyakit HIV.
  • Mengontrol kadar gula darah.
  • Mengontrol tiroid di dalam tubuh.

Waktu Ideal Cek Darah di Bio Medika

Cek darah umumnya akan dilakukan oleh seseorang ketika hendak memeriksakan kondisi kesehatan secara rutin ataupun dalam proses diagnosis suatu penyakit. Meskipun sama-sama menggunakan sampel darah, namun pemeriksaan ini sebenarnya bisa di kelompokan menjadi beberapa jenis, bahkan setiap jenisnya mempunyai kategori berbeda-beda.

Jadi, cek darah sebenarnya dapat dilakukan kapanpun seusai kebutuhan kalian. Apabila cek darah dilakukan dengan tujuan untuk menjaga kesehatan, mencegah penyakit atau komplikasi lebih lanjut dari beberapa penyakit, maka silahkan lakukanlah secara berkala sesuai anjuran dari dokter.

Di samping itu, jika kalian mengalami keluhan yang bersifat akut atau muncul secara tibat-tiba, tidak biasa dan berkepanjangan, segeralah berkonsultasi kepada dokter, apakan perlu melakukan cek darah atau tidak. Dalam hal ini cek darah dilakukan guna menegakkan diagnosis penyakit sehingga dapat diberikan pengobatan tepat sedini mungkin.

Prosedur Cek Darah di Bio Medika

Prosedur Cek Darah di Bio Medika

Selain harus membayar biaya cek darah di Klinik Bio Medika, pasien juga tentunya wajib mengikuti seluruh prosedur pemeriksaannya. Mungkin tahapan-tahapan cek darah di Klinik Laboratorium Bio Medika tidak akan jauh berbeda seperti cek darah di Puskesmas, karena sama-sama menggunakan sampel darah.

Perlu diingat, sebelum menjalani cek darah di Bio Medika, pastikan kondisi atau keadaan tubuh kalian tidak sedang dalam mengantuk maupun kelelahan. Sebab, hal tersebut nantinya dapat mempengaruhi hasil akhir pemeriksaan darah. Supaya lebih jelas, berikut adalah prosedur cek darah di Klinik Bio Medika.

  • Pertama-tama, petugas Klinik Bio Medika membalut lengan pasien menggunakan sebuah kain elastis.
  • Setelah itu, petugas mulai mencari dimana titik letak pembuluh darah pasien.
  • Jika pembuluh darah di lengan pasien ditemukan, maka petugas akan membersihkan area sekitarnya menggunakan alkohol.
  • Kemudian petugas mulai mengambil sampel darah dengan cara menyuntikkan jarum ke lengan pasien.
  • Apabila sampel darah di tabung sudah memenuhi kebutuhan, maka petugas akan mencabut jarum suntiknya.
  • Langkah terakhir, petugas menutup luka suntikan tersebut menggunakan perban ataupun plester.

Setelah petugas Klinik Bio Medika mendapatkan sampel darah pasien, maka nantinya mereka akan membawa sampel darah tersebut ke laboratorium untuk penelitian lebih lanjut. Umumnya pasien diminta untuk menunggu proses penelitian selesai sampai hasilnya keluar.

Jenis Cek Darah di Bio Medika

Menurut situs resminya, saat ini hampir semua cabang Klinik Laboratorium Bio Medika sudah menyediakan layanan cek darah bagi para pasiennya. Namun, tidak semua jenis pemeriksaan darah tersedia di Klinik Bio Medika. Adapun beberapa jenis pemeriksaan darah di Bio Medika tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Cek kolesterol total.
  • LDL kolesterol direk.
  • HDL kolesterol direk.
  • Cek asam urat.
  • Cek glukosa.

Biaya Cek Darah di Bio Medika

Di atas sudah dibahas secara lengkap mengenai manfaat cek darah di Klinik Bio Media, waktu ideal hingga prosedur pelaksanaannya. Selanjutnya kalian juga tentunya harus mengetahui berapa besaran tarif atau biaya cek darah di semua cabang Klinik Laboratorium Bio Medika.

Jika dibandingkan dengan biaya cek darah di Klinik Pramita, maka kemungkinan besar tarif atau harga tes darah di Bio Medika akan sedikit lebih murah. Hal tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya fasilitas peralatan atau perlengkapan medis di Bio Medika tidak selengkap di Klinik Pramita.

Namun, sebenarnya hampir semua cabang Klinik Laboratorium Bio Medika di Indonesia mematok tarif jasa pelayanan yang serupa, yaitu sekitar Rp 30.000 sampai Rp 250.000. Nah, di bawah ini sudah kami rangkum besaran biaya cek darah di Klinik Laboratorium Bio Medika semua cabang untuk semua jenis pemeriksaannya.

KeteranganBiaya
Cek kolesterol totalRp 45.000
LDL kolesterol direkRp 55.000
HDL kolesterol direkRp 45.000
Cek asam uratRp 48.000
Cek glukosaRp 30.000
Biaya cek darah di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan dari pihak Bio Medika.

Efek Samping Cek Darah di Bio Medika

Meskipun di dalam dunia medis cek darah di Klinik Bio Medika merupakan prosedur aman untuk dilakukan, namun tetap saja bahwa pemeriksaan tersebut dapat menimbulkan efek samping atau risiko kepada para pasiennya. Dimana sejumlah efek samping cek darah di Klinik Bio Medika tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Muncul rasa nyeri di area bekas suntikan.
  • Merasa tidak nyaman ketika jarum suntik dimasukkan maupun dicabut.
  • Pembuluh darah vena di lengan pasien bocor saat jarum di suntikan.
  • Pasien mengalami pembengkakan atau memar di area sekitar luka suntikan.
  • Pasien mengalami hilang kesadaran atau pingsan.
  • Pasien mengalami infeksi di sekitar area bekas luka suntikan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran tarif atau harga jasa pelayanan cek darah di Klinik Laboratorium Bio Medika sebenarnya hampir sama untuk semua cabangnya. Meskipun demikian, siapkan anggaran biaya melebihi perkiraan di atas guna berjaga-jaga apabila nantinya Klinik Bio Medika memberlakukan penyesuaian tarif baru terkait layanan pemeriksaan darah lengkap.

Demikian pembahasan dari Biayatarif seputar rincian biaya cek darah di semua cabang Klinik Bio Medika dilengkapi prosedur hingga efek samping pemeriksaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak melakukan tes darah lengkap di Klinik Laboratorium Bio Medika terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.