Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya USG di Bio Medika 2022 : Jenis, Prosedur & Efek Samping

Biaya USG di Bio Medika
Advertisements

Biaya USG di Bio Medika – Ultrasonografi atau biasa dikenal dengan USG merupakan sebuah pemeriksaan di dalam bidang penunjang diagnostik. Dimana pemeriksaan tersebut dilakukan dengan cara memanfaatkan gelombang ultrasonik berfrekuensi tinggi guna menghasilkan gambaran dari dalam tubuh seseorang.

Selain itu, USG sendiri tanpa menggunakan radiasi, tidak menimbulkan rasa sakit serta tidak menimbulkan efek samping cukup serius kepada orang yang menjalaninya. Saat ini hampir semua rumah sakit, puskesmas dan klinik laboratorium di Indonesia sudah menyediakan layanan USG, salah satunya yaitu Bio Medika.

Klinik Laboratorium Bio Medika sendiri menyediakan berbagai macam jenis USG kepada para pelanggan ataupun pasiennya. Akan tetapi, pastinya setiap jenis layanan USG di Klinik Bio Medika tersebut memiliki ketentuan mengenai harga atau tarif jasa pelayanannya. Bahkan setiap cabang Klinik Bio Medika juga mempunyai ketentuan yang berbeda-beda.

Advertisements

Maka dari itu, apabila kalian berencana menjalani USG di Klinik Bio Medika terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai biaya USG di Bio Medika semua cabang dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya.

Advertisements

Manfaat USG

Seperti dijelaskan sebelumnya, USG mempunyai berbagai macam kegunaan di dalam dunia medis. Mulai dari untuk mengonfirmasi kehamilan sampai memperkirakan tanggal kelahiran. Di samping itu, mesin USG juga kerap digunakan untuk mendiagnosis beberapa kondisi tertentu. Oleh sebab itu, sebelum membahas biaya USG di Bio Medika berlanjut, berikut kami berikan sejumlah manfaatnya.

  • Mengetahui kondisi kehamilan seseorang melalui USG 2G, 3G ataupun 4G.
  • Mendiagnosis berbagai macam kondisi yang bisa memengaruhi organ serta jaringan lunak tubuh.
  • Membantu dokter dalam melakukan prosedur medis tertentu.
  • USG digunakan sebagai terapi pengobatan.

Selain memiliki berbagai macam manfaat untuk mendiagnosis berbagai macam kondisi tertentu pada tubuh seseorang, USG juga mempunyai beberapa keunggulan. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami bahas mengenai sejumlah keunggulan USG di Bio Medika.

  • Biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.
  • Pasien tidak akan terpapar radiasi ion.
  • Tidak menimbulkan efek samping jika USG dilakukan sesuai prosedur.
  • USG bisa menangkap gambar jaringan lunak yang tidak terlihat jelas oleh sinar-X.

Jenis USG di Bio Medika

Perlu diketahui, hingga kini terdapat cukup banyak jenis pemeriksaan USG yang berkembang sejalan dengan kemajuan teknologi. Bahkan Klinik Laboratorium Bio Medika juga tidak hanya menyediakan 1 jenis pemeriksaan USG saja. Sebagai bahan pertimbangan, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis pemeriksaan USG di Bio Medika.

  • Upper abdomen.
  • Lower abdomen.
  • Whole abdomen.
  • Ginekologi obstretik.
  • Payudara.
  • Tiroid.
  • Testis.
  • Superfisial.

Prosedur USG di Bio Medika

Prosedur USG di Bio Medika
Advertisements

Selain harus mengetahui besaran biaya USG di Klinik Bio Medika, pastinya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pemeriksaannya. Dimana prosedur USG di Klinik Laboratorium Bio Medika sendiri sebenarnya tergantung pada jenis pemeriksaannya, bahkan hampir sama seperti saat USG di Puskesmas.

Pertama-tama, biasanya pasien akan diminta untuk merebahkan tubuh di atas tempat tidur. Kemudian bagian tubuh yang akan diperiksa diolesi dengan gel pelumas guna melancarkan pergerakan probe. Mungkin pasien akan merasa sedikit tidak nyaman ketika diberi gel pelumas.

Setelah itu, dokter mulai menggerakkan probe di atas kulit yang sudah dilumasi gel tersebut kemudian melihat kondisi jaringan lunak di dalam tubuh pasien melalui monitor. Pasien juga umumnya diperbolehkan untuk melihat kondisi jaringan lunak tubuh melalui monitor.

Jika dokter atau petugas medis sudah mendapatkan gambaran, maka gel akan dibersihkan dan pasien diperbolehkan untuk buang air kecil. Nantinya hasil pemeriksaan USG juga akan keluar pada saat itu juga. Apabila memang terdapat gangguan atau permasalahan, maka dokter akan menjelaskan kepada pasien lalu menyarankan tindakan medis lanjutannya.

Biaya USG di Bio Medika

Perlu diketahui, besaran baya USG di Klinik Bio Medika mungkin akan berbeda di sejumlah wilayah dan cabangnya. Meskipun jenis pemeriksaan USG di setiap cabang Klinik Laboratorium Bio Medika memiliki perbedaan tarif atau harga, itupun selisihnya tidak akan terlalu jauh.

Umumnya, besaran biaya USG di Klinik Bio Medika di banderol mulai dari Rp 400.000 sampai Rp 600.000 per pemeriksaannya. Dimana besaran harga USG di Klinik Bio Medika tersebut sebenarnya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan biaya USG di bidan.

Sebagai informasi tambahan, di dalam besaran biaya USG tersebut biasanya sudah mencakup biaya pendaftaran atau registrasi pasien baru, pemeriksaan hingga konsultasi dokter. Namun, perlu diingat bahwa biaya USG di Bio Medika di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Efek Samping USG di Bio Medika

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya USG di Klinik Laboratorium Bio Medika untuk semua cabang. Memang benar bahwa pemeriksaan USG merupakan prosedur aman untuk dilakukan pada tubuh seseorang.

Dengan kata lain, risiko atau efek samping setelah pemeriksaan USG sendiri sebenarnya tidak bersifat mutlak. Jadi, beberapa hal yang mungkin akan terjadi pada tubuh seseorang setelah menjalani USG diantaranya yaitu seperti sensasi panas pada area pemeriksaan hingga alergi terhadap gel.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini Klinik Laboratorium Bio Medika sudah menyediakan beberapa jenis pemeriksaan USG. Sementara untuk besaran biayanya sendiri sebenarnya tergantung pada jenis hingga tempat pemeriksaannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya USG di Bio Medika semua cabang dilengkapi dengan prosedur hingga efek samping pemeriksaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani USG di Klinik Bio Medika terdekat.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.