4 Biaya Chiropractic (Pijet Kretek Tulang) Semua Wilayah 2022

Biaya Chiropractic – Perawatan chiropractic atau kiropraktik merupakan sebuah perawatan yang bisa mengatasi sakit punggung atau rasa nyeri di tulang belakang. Dimana prosedur menggunakan metode pemijatan ini mungkin masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat Indonesia.

Meskipun masih terdengar asing, kan tetapi prosedur perawatan tersebut sudah mulai menjamur di kota-kota besar, salah satunya yaitu di kawasan Jabodetabek. Secara garis besarnya prosedur ini sangat efektif dan bermanfaat dilakukan bagi mereka yang mengalami nyeri punggung.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia cukup banyak klinik pemijatan yang menyediakan jasa layanan pijat kretek tulang tersebut. Namun, pastinya setiap jenis pelayanan di klinik tersebut mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga jasa yang harus dibayarkan oleh para pasiennya.

Maka dari itu, apabila diantara kalian berencana untuk menjalani pijit kretek tulang di klinik terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya chiropractic di semua wilayah dilengkapi dengan manfaat, prosedur hingga risikonya.

Apa Itu Chiropractic?

Sebelum pembahasan poin utama mengenai biaya chiropractic di klinik lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas pengertiannya. Secara garis besarnya terapi chiropractic merupakan sebuah prosedur yang dilakukan oleh ahli terapi yang sudah menjalani pelatihan khusus atau chiropractor.

Tujuan dilakukannya terapi pijit kretek tulang yaitu untuk mengembalikan kemampuan sendi supaya bisa bergerak seperti sedia kala. Guna mencapai tujuan tersebut, terapi ini dilakukan dengan memberikan tekanan terhadap sendi yang terdampak serta mengalami cedera.

Biasanya chiropractor akan mendiskusikan hal ini terlebih dahulu bersama pasien sebelum menjalani beragam prosedur untuk mendapatkan persetujuan dengan kondisi serta risiko yang mengikutinya. Maka dari itu, di dalam dunia medis sebenarnya chiropractic aman untuk dilakukan, asalkan memenuhi persyaratannya.

Manfaat Chiropractic

Terapi yang bisa disebut sebagai manipulasi tulang belakang atau pijit kretek tulang ini dapat dilakukan langsung menggunakan tangan kosong atau dengan bantuan alat kecil. Menurut beberapa ahli terapi berpengalaman, terapi pijit kretek tulang mempunyai sejumlah manfaat seperti di bawah ini.

  • Mengatasi sakit punggung.
  • Mengatasi leher terasa sakit.
  • Mengatasi sakit kepala.
  • Mengatasi whisplash.
  • Mengatasi keseleo.
  • Mengatasi cedera otot akibat aktivitas sehari-hari.
  • Mengatasi arthritis, seperti osteoarthritis.
  • Mengatasi keterbatasan gerak pada pungung, bahu, leher ataupun kaki.
  • Memperbaiki postur tubuh.
  • Meningkatkan sistem imun.

Prosedur Chiropractic

Prosedur Chiropractic

Selain harus mengetahui besaran biaya chiropractic di klinik atau tempat praktek ahli terapi, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Pada pertemuan untuk terapi pertama, chiropractor akan menilai gejala yang pasien alami untuk menentukan tindakan lanjutannya.

Dimana chiropractor sendiri bisa menggunakan berbagai macam teknik yang berbeda dalam mengatasi gangguan pada otot serta persendian tulang. Sebagai bahan gambaran, berikut adalah beberapa teknik yang biasa dilakukan oleh chiropractor untuk terapi pijit kretek tulang.

  • Teknik manipulasi belakang menggunakan tangan dengan kuat yang dipraktikkan pada bagian tulang dan sendi tulang belakang sampai leher.
  • Secara bertahap menggerakkan sendi tulang ke posisi berbeda.
  • Menarik ataupun meregangkan otot pasien ke arah berbeda.

Pada umumnya, terapi pijit kretek tulang tidak menimbulkan rasa sakit, namun terdapat juga beberapa orang bisa mengalami sedikit rasa ketidaknyamanan. Apabila hal tersebut terjadi, segeralah beritahu chiropractor yang sedang menanganinya.

Biaya Chiropractic

Setelah mengetahui sekilas pengertian dan sejumlah manfaat hingga prosedur chiropractic di klinik pijat, maka selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa besar biayanya. Seperti halnya besaran biaya terapi skoliosis, besaran biaya chiropractic tentunya bisa berbeda-beda di beberapa wilayah, tergantung kliniknya.

Seperti sudah disinggung sebelumnya, sebenarnya saat ini terapi pijit kretek tulang masih jarang dilakukan di Indonesia, hanya di kota-kota tertentu saja. Pada umumnya, klinik atau tempat praktek khusus terapi yang menyediakan chiropractic menentukan besaran harga mulai dari Rp 500.000 per sesinya.

Selain biaya untuk chiropractic, pasien juga biasanya diminta untuk membayar biaya administrasi tambahan sebesar Rp 160.000 untuk pemeriksaan. Dimana pemeriksaan awal sendiri menjadi bagian penting yang perlu dilakukan oleh pasien ketika ingin menjalani pijit kretek tulang di klinik tersebut.

Efek Samping Chiropractic

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya chiropractic di klinik beserta manfaat hingga prosedur pelaksanaannya. Meskipun pijit kretek tulang tergolong aman untuk dilakukan, namun tetap saja bahwa tindakan tersebut bisa memberikan efek samping kepada para pasiennya.

Dilansir dari berbagai macam sumber, sebenarnya kegiatan terapi kiropraktik hanya akan menimbulkan sakit kepala ringan yang bersifat sementara. Oleh sebab itu, sangat jarang sekali menemui kasus pasien yang mengalami beberapa risiko atau efek samping seperti di bawah ini.

  • Saraf kejepit.
  • Sindrom cauda equina (kumpulan sara di bagian bawah tulang belakang mengalami ketegangan).
  • Stroke.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya chiropractic di semua klinik teraoi Indonesia dilengkapi dengan manfaat hingga prosedur pelaksanaan beserta efek sampingnya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani pijit kretek tulang di klinik terapi terdekat.

Sumber gambar : drchrisharlan.com

Tinggalkan komentar