Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Saraf Kejepit 2022: Umum & BPJS

Biaya Operasi Saraf Kejepit

Biaya Operasi Saraf Kejepit – Sebagaimana diketahui, saraf mempunyai peranan sangat penting di dalam tubuh manusia. Dimana melalui sistem saraf tersebut, komunikasi antara tubuh dan otak bisa berjalan dengan lancar. Hanya saja, gangguan saraf bisa terjadi pada seseorang, salah satunya yaitu saraf kejepit.

Secara garis besarnya, saraf kejepit seringkali digambarkan sebagai kecetit pada bagian pinggang sebelah kiri. Saraf kejepit merupakan suatu kondisi ketika saraf tertekan oleh jaringan tubuh di sekitarnya. Kondisi ini bisa terjadi pada saat saraf tertekan diantara ligamen, tendon atau tulang.

Apabila kondisi saraf kejepit tersebut sudah sangat parah, maka alternatif satu-satunya yang bisa dilakukan yaitu menjalani prosedur operasi. Untungnya, di Indonesia sendiri saat ini operasi saraf kejepit sudah bisa dilakukan di berbagai macam rumah sakit dengan tarif yang pastinya bervariasi.

Maka dari itu, apabila kalian berencana untuk menjalani operasi saraf kejepit di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biayanya. Untuk membantunya, kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya operasi saraf kejepit dilengkapi prosedur pelaksanaannya.

Gejala Saraf Kejepit

Gejala Saraf Kejepit

Perlu diketahui, ketika seseorang mengalami kondisi saraf kejepit, tubuh akan mengirimkan sinyal berupa rasa nyeri. Tentunya sebaiknya kalian tidak mengabaikan tanda-tanda atau gejala saraf kejepit, pasalnya kerusakan saraf bisa bertambah parah apabila dibiarkan begitu saja.

Secara garis besarnya, munculnya gejala akibat saraf kejepit bergantung pada lokasi saraf yang terjepit. Hal ini akan terjadi apabila bantalan yang bergeser sampai menekan atau menjepit saraf tulang belakang sehingga bisa menyebabkan nyeri. Agar lebih jelasnya, berikut adalah beberapa gejala saraf kejepit.

  • Merasakan nyeri leher dan bahu hingga menjalar sampai lengan.
  • Mengalami kesemutan, kelemahan atau kekakuan otot pada salah satu lengan.
  • Mengalami sensasi seperti terbakar pada leher, bahu serta lengan.
  • Merasakan nyeri pada bagian pinggang atau tulang ekor saat bergerak.
  • Merasakan nyeri seperti tertusuk pada area pantat sampai menjalar ke tungkai.
  • Mengalami kesemutan ataupun kelemahan otot pada tungkai.
  • Kaki beserta tangan terasa sulit untuk digerakkan.

Penyebab Saraf Kejepit

Pada beberapa kasus, penyebab saraf kejepit ialah melemahnya jaringan pada bantalan tulang belakang. Seiring bertambahnya usia seseorang, kelenturan bantalan tulang belakang tersebut akan semakin berkurang dan akan rentan terhadap cedera.

Selain itu, saraf kejepit juga dapat terjadi akibat seseorang terjatuh atau mengalami benturan di bagian tulang belakang sehingga menyebabkan tulang belakang bergeser. Sebelum membahas poin utama mengenai biaya operasi saraf kejepit lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa penyebabnya.

  • Mempunyai keluarga dengan riwayat saraf kejepit.
  • Mengalami obesitas.
  • Beraktivitas rutin yang memberatkan tulang belakang seperti mengangkat beban berat dengan posisi dan tumpuan yang kurang tepat.
  • Melakukan gerakan yang bersifat mendadak atau berulang-ulang.

Prosedur Operasi Saraf Kejepit

Prosedur Operasi Saraf Kejepit

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi saraf kejepit di rumah sakit Indonesia, kalian juga tentunya harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Perlu diketahui, saat ini untuk mengatasi permasalahan saraf kejepit yaitu dengan menjalani operasi endoskopi.

Dimana endoskopi sendiri merupakan prosedur medis yang menggunakan instrumen khusus dalam melihat serta mengoperasikan organ dalam dan pembuluh darah tubuh. Melalui prosedur tersebut, memungkinkan dokter ahli bedah untuk melihat masalah di dalam tubuh tanpa membuat sayatan besar.

Melansir dari beberapa situs terpercaya, dokter ahli bedah memasukkan endoskop berupa alat berbentuk selang yang dilengkapi kamera dan senter di bagian ujungnya. Secara garis besarnya, terdapat dua jenis tindakan operasi untuk saraf kejepit, yaitu diskektomi endoskopi dan foraminalplasty endoskopi.

Biaya Operasi Saraf Kejepit

Setelah mengetahui beberapa gejala dan penyebab hingga prosedur operasi saraf kejepit, maka langkah selanjutnya kalian tinggal mencari tahu berapa besar biayanya. Seperti halnya operasi hernia, besaran biaya operasi saraf kejepit sebenarnya tergantung pada rumah sakit serta metode yang digunakan oleh dokter.

Jadi, selain kelengkapan fasilitas rumah sakit, metode operasi yang digunakan untuk mengatasi saraf kejepit juga nantinya akan mempengaruhi besaran biayanya. Seperti sudah kami singgung sebelumnya, dokter biasanya akan menggunakan operasi metode endoskopi untuk mengatasi masalah saraf kejepit pasiennya.

Dimana besaran biaya operasi saraf kejepit di beberapa rumah sakit swasta sendiri berkisar mulai dari Rp 50 juta, bahkan bisa mencapai ratusan juta. Perlu diketahui, pastinya besaran biaya operasi saraf kejepit di rumah sakit swasta tersebut berlaku bagi para pasien umum.

Nah, apabila diantara kalian merupakan pasien peserta BPJS Kesehatan, maka kalian berhak mendapatkan fasilitas gratis untuk tindakan medis tersebut. Hal ini dikarenakan BPJS Kesehatan akan menanggung semua biaya operasi saraf kejepit asalkan pasien memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuannya.

Tips Menyembuhkan Saraf Kejepit

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya operasi saraf kejepit di rumah sakit Indonesia dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya saraf kejepit bisa sembuh dengan cara menjalani terapi secara rutin. Selain itu, kalian juga bisa melakukan beberapa tips di bawah ini untuk menyembuhkan saraf kejepit.

  • Istirahat yang banyak.
  • Posisi duduk diperbaiki.
  • Konsumsi obat pereda nyeri.
  • Kompres panas atau dingin.
  • Menggunakan splint atau alat penyangga bagian tubuh.
  • Pijat.
  • Olahraga seperti yoga.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya operasi saraf kejepit di rumah sakit Indonesia dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani operasi saraf kejepit di rumah sakit terdekat.

Sumber gambar : health.okezone.com

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *