Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

3 Biaya Terapi Skoliosis 2022 : Rumah Sakit, Klinik & Dokter Spesialis

Biaya Terapi Skoliosis

Biaya Terapi Skoliosis – Beberapa orang yang mempunyai gangguan tulang belakang atau skoliosis membuatnya kesulitan untuk mengatur pola duduk dan menggerakkan beberapa bagian anggota tubuhnya. Di dalam dunia medis, skoliosis ialah deformitas tulang belakang yang ditandai oleh lengkungan ke lateral dengan atau tanpa rotasi tulang belakang.

Skoliosis sendiri dapat dikategorikan menjadi beberapa jenis, yaitu skoliosis fungsional yang bisa diperbaiki serta skoliosis struktural yang cenderung menetap. Untungnya, terdapat berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh seseorang untuk menyembuhkan gangguan tulang belakang atau skoliosis, salah satunya yaitu dengan menjalani terapi.

Di Indonesia sendiri terapi skoliosis saat ini sudah dapat dilakukan di berbagai macam tempat pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, klinik masyarakat ataupun tempat praktek dokter spesialis. Akan tetapi, pastinya setiap tempat pelayanan kesehatan tersebut mempunyai ketentuan mengenai biaya administrasi untuk semua jasa pelayanannya.

Maka dari itu, apabila kalian hendak menjalani terapi skoliosis di rumah sakit atau klinik umum terdekat, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya terapi skoliosis di semua tempat dilengkapi prosedur hingga risikonya.

Gejala Skoliosis

Gejala Skoliosis

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, skoliosis ialah sebuah kelainan pada tulang belakang yang ditandai dengan bentuk punggung melengkung seperti huruf C atau S. Dimana gangguan skoliosis sendiri lebih sering ditemukan pada anak-anak sebelum masa pubertas, yaitu sekitar umur 10 tahun sampai 15 tahun.

Kesehatan

Skoliosis sendiri umumnya menimbulkan keluhan ringan, namun tidak bisa berkembang menjadi lebih parah seiring pertambahan usia. Nah, sebelum membahas poin utama mengenai biaya terapi skoliosis lebih lanjut, ada baiknya pahami beberapa gejala pada salah satu gangguan kesehatan tersebut di bawah ini.

  • Tulang belakang tampak melengkung.
  • Salah satu bahu lebih tinggi ketimbang lainnya.
  • Salah satu pinggul lebih menonjol ketimbang lainnya.
  • Salah satu tulang belikat tampak lebih menonjol ketimbang lainnya.
  • Tubuh penderita skoliosis condong ke satu sisi.
  • Tinggi pinggang penderita skoliosis tidak rata.
  • Mengalami nyeri punggung bawah.
  • Mengalami kaku pada punggung.
  • Mengalami ketegangan otot.

Penyebab Skoliosis

Lengkungan yang parah biasanya dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada punggung. Bahkan tulang belakang juga bisa berputar sehingga lengkungan bertambah parah serta salah satu tulang rusuk atau otot di satu sisi tubuh terlihat lebih menonjol daripada sisi lainnya.

Pada sebagian besar kasus pada penderita skoliosis, gangguan kesehatan tersebut terjadi tanpa diketahui penyebabnya (idiopatik). Namun, beberapa tenaga atau ahli medis menjelaskan beberapa kondisi yang bisa memicu terjadinya skoliosis pada tubuh seseorang.

  • Bantalan dan sendi tulang belakang mulai aus akibat pertambahan usia (skoliosis degeneratif).
  • Cacat atau bawaan lahir (skoliosis kongenital).
  • Gangguan saraf serta otot (skoliosis neuromuskular).
  • Mengalami cedera atau infeksi tulang belakang.
  • Mengalami cacat tulang belakang.

Pengobatan Terapi Skoliosis

Pengobatan Terapi Skoliosis

Selain harus mengetahui biaya terapi skoliosis, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur atau jenis-jenis penanganannya. Secara garis besar, terapi skoliosis bergantung pada beberapa hal, diantaranya yaitu seperti usia, derajat kelengkungan serta risiko progresivitas.

Daripada penasaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap bagaimana prosedur pengobatan terapi skoliosis di rumah sakit, klinik umum masyarakat ataupun tempat praktek dokter spesialis.

  • Tindakan fisioterapi dan observasi biasanya dilakukan apabila pasien mempunyai gejala nyeri punggung atau pada pasien dengan kelengkungan tulang belakang antara 10-25°.
    • Observasi biasanya dilakukan setiap 4-6 bulan untuk melihat adanya progresivitas kelengkungan tulang belakang.
    • Lamanya observasi juga berbeda-beda pada setiap pasien, tergantung pada keparahan gejala klinis.
  • Pemasangan brace dilakukan pada pasien dengan beberapa indikasi, yaitu seperti berikut ini.
    • Kelengkungan tulang belakang lebih dari 25°.
    • Kelengkungan tulang belakang kurang dari 25° tetapi mempunyai progresivitas sebesar minimal 5° saat observasi per 4-6 bulan.

Biaya Terapi Skoliosis

Setelah mengetahui beberapa gejala, penyebab hingga pengobatan terapi untuk gangguan skoliosis, maka selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biayanya. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, terapi skoliosis sendiri saat ini sudah dapat dilakukan di berbagai macam tepat pelayanan kesehatan, mulai dari rumah sakit, klinik umum hingga klinik praktek dokter swasta.

Dimana besaran tarif atau biaya terapi skoliosis sendiri biasanya tergantung pada jenis pengobatan atau treatment. Selain itu, masing-masing tempat pelayanan kesehatan tersebut juga pastinya mempunyai ketentuan mengenai harga atau tarif jasa pelayanan yang sangat bervariasi.

Sebagai informasi tambahan, sebenarnya besaran biaya terapi skoliosis sendiri sedikit lebih mahal dari biaya fisioterapi di puskesmas. Agar lebih jelasnya, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya terapi skoliosis untuk beberapa tempat di Indonesia sesuai dengan jenis pelayanannya..

Nama Tempat KesehatanJenis PelayananBiaya
Spine ClinicKonsultasi
Konsultasi + Terapi
Latihan Schroth
Rp 250.000
Rp 550.000
Rp 550.000
Rehabonesia ClinicTerapi Pijat
Terapi Lengkap
Body Balancing Calibration Therapy
Scolio-WO
Rp 150.000
Rp 30.000.000
Rp 300.000
Rp 250.000
Scoliosis Care ClinicTerapi + KonsultasiRp 458.000
Biaya terapi skoliosis di atas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Risiko Terapi Skoliosis

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran baya terapi skoliosis di semua tempat pelayanan kesehatan seluruh Indonesia. Apabila skoliosis bertambah parah dan tidak ditangani dengan baik, maka kemungkinan besar penderitanya akan mengalami beberapa komplikasi seperti di bawah ini.

  • Nyeri punggung berkepanjangan.
  • Kepercayaan diri menurun karena postur tubuh buruk.
  • Mengalami gangguan di jantung dan paru-paru bila skoliosis sudah sangat parah.
  • Kerusakan saraf tulang belakang yang berkaitan dengan gangguan lainnya seperti impotensi, inkontinesia tinja, inkontinesia urine atau lemah pada tungkai.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya terapi skoliosis di rumah sakit, klinik umum ataupun klinik praktek dokter spesialis. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani terapi skoliosis di tempat pelayanan kesehatan terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.