Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Stang Seher

Biaya Ganti Stang Seher

Biaya Ganti Stang Seher – Mungkin sebagian besar dari kalian menyadari bahwa stang seher atau piston memang menjadi salah satu komponen kendaraan yang jarang mengalami kerusakan. Apabila mesin bermasalah, biasanya titik permasalahannya ada di area seher terlebih dahulu.

Meskipun demikian, bukan berarti stang seher di dalam kendaraan roda dua tidak akan mengalami kerusakan sama sekali. Umumnya untuk mengetahui atau memastikan tingkat kerusakan di stang seher, para bengkel lebih memilih untuk membongkar semua komponen mesin motor.

Jika memang terjadi sebuah kerusakan pada stang seher, maka salah satu opsi untuk memperbaikinya yaitu menggantinya dengan yang baru. Untungnya, saat ini perbaikan stang seher tersebut sudah bisa dilakukan di berbagai macam bengkel, baik itu bengkel umum ataupun resmi.

Akan tetapi, setiap bengkel tersebut memiliki ketentuan mengenai upah atau ongkos jasa penggantian stang seher. Maka dari itu, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya ganti stang seher mulai dari harga komponen hingga ongkos jasa bengkelnya.

Gejala Stang Seher Rusak

Gejala Stang Seher Rusak

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya ganti stang seher berlanjut, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu beberapa gejala kerusakannya. Ciri utama yang paling menonjol apabila stang seher pada kendaraan roda dua mengalami permasalahan yaitu timbul suara kasar atau oblak dari dalam mesin.

Selain itu, gejala stang seher rusak lainnya yang bisa dijadikan sebagai acuan yaitu keluarnya asap putih dari dalam knalpot. Biasanya kerusakan tersebut timbul karena seal tutup klep di dalam piston mengalami permasalahan atau bahkan sudah rusak.

Penyebab Stang Seher Aus

Penyebab Stang Seher Aus

Rusaknya stang seher di dalam kendaraan roda dua pastinya disebabkan oleh beberapa hal, baik itu karena komponennya ataupun karena cara pemakaiannya sendiri. Adapun beberapa penyebab stang seher aus atau mengalami kerusakan tersebut diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Kualitas oli jelek.
  • Kruk as oblak.
  • Bore up mesin tidak tepat.
  • Kerap memacu kendaraan di lintasan berat secara terus menerus.
  • Oli mesin tercampur dengan zat asing.
  • Stang seher mencapai usia pakai.

Efek Stang Seher Rusak

Efek Stang Seher Rusak

Jika stang seher mengalami beberapa gejala di atas, kemungkinan besar bahwa memang komponen tersebut sudah mengalami keausan atau kerusakan. Tentunya akan ada sejumlah efek atau akibat yang akan dirasakan oleh pemilik kendaraan apabila stang seher mengalami kerusakan. Berikut adalah beberapa efek stang seher rusak.

Stang Seher Oblak

Apabila stang seher oblak atau aus, biasanya motor akan mengeluarkan suara mesin menjadi terdengar lebih kasar, khususnya pada bagian tengah mesin. Jika sudah sampai seperti itu, maka tenaga atau performa mesin menjadi berkurang atau mengempos saat dipacu.

Stang Seher Bengkok

Sementara stang seher bengkok biasanya disebabkan karena gaya bermotor pemiliknya yang kurang memenuhi standar, seperti menerobos banjir. Jika stang seher bengkok, maka piston bisa hancur sehingga mesin menjadi mati total karena ruang bakar kemasukan air banjir.

Biaya Ganti Stang Seher

Untungnya di Indonesia sendiri saat ini hampir semua bengkel sudah menyediakan layanan ganti stang seher kendaraan roda dua, baik itu bengkel umum ataupun resmi. Sementara untuk besaran biaya ganti stang seher sebenarnya tidak akan jauh berbeda saat MENGGANTI RANTAI KETENG.

Dimana biasanya besaran tarif ganti komponen di dalam kendaraan roda dua tersebut mencakup pembelian stang seher serta ongkos jasa pelayanan dalam bongkar pasangnya. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian biaya ganti stang seher di bawah ini.

Harga Komponen

Harga Komponen

Harga komponen stang seher di pasaran sendiri tergantung dengan jenis serta merek produknya. Biasanya stang seher NPP di banderol dengan harga Rp 80 ribuan, sementara produk Indoparts berada di kisaran Rp 90 ribuan. Jika produk orisinal dari pabrik, maka harganya sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 145.000 sampai Rp 200.000.

Ongkos Bengkel

Ongkos Bengkel

Untuk besaran ongkos bengkel dalam penggantian stang seher sendiri tergantung pada tingkat kerumitan serta kesulitannya. Umumnya para bengkel umum mematok biaya ganti stang seher mulai dari Rp 25.000 sampai Rp 40.000. Sedangkan bengkel resmi sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp 50.000 sampai Rp 80.000.

Tips Merawat Stang Seher

Tips Merawat Stang Seher

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti stang seher untuk semua tipe motor di bengkel resmi ataupun umum. Selanjutnya di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips dalam merawat stang seher agar awet dan tahan lama.

  • Disiplin dalam mengganti oli mesin.
  • Gunakan bahan bakar berkualitas.
  • Lakukan tune up secara rutin.
  • Sesuaikan gaya berkendara.

Kesimpulan

Itulah sekiranya pembahasan seputar estimasi biaya ganti stang seher untuk semua tipe motor, baik itu di bengkel resmi ataupun umum versi Biayatarif. Semoga ulasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan apabila hendak mengganti stang seher.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *