Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Rantai Keteng

Biaya Ganti Rantai Keteng

Biaya Ganti Rantai Keteng – Rantai kamrat (timing chain) atau biasa disebut dengan rantai keteng merupakan sebuah komponen yang menghubungkan roda gigi poros noken as sebagai penggerak rocker arm. Dengan kata lain, komponen tersebut berguna untuk menggerakkan klep hisap dan buang di dalam ruang pembakaran.

Supaya rantai keteng mampu memberikan performa maksimal, maka syarat utamanya yaitu tingkat ketegangan rantai keteng harus sesuai, tidak boleh terlalu kendur ataupun tegang. Pasalnya, saat dalam kinerja maksimal, maka jumlah bahan bakar serta jumlah gas buang menjadi terjaga untuk tetap ideal.

Seperti halnya komponen mesin motor pada umumnya, komponen rantai keteng juga tentunya memiliki batas usia pakai. Dimana jika komponen tersebut menjumpai permasalahan seperti saat mengalami keausan, biasanya mesin akan menimbulkan suara yang berbeda.

Apabila sudah sampai seperti itu, salah satu langkah tepat sebagai upaya penanganan yaitu mengganti komponen rantai keteng. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti rantai keteng mulai dari pembelian komponen hingga ongkos jasa bengkelnya.

Ciri-Ciri Rantai Keteng Bermasalah

Ciri Rantai Keteng Bermasalah

Seperti dijelaskan sebelumnya, rantai keteng yang mengalami masalah biasanya ditandai dengan beberapa gejala. Nah, sebelum pembahasan utama terkait biaya ganti rantai keteng berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu beberapa ciri-ciri permasalahannya di bawah ini.

  • Timbulnya suara besi beradu dari dalam blok mesin sebelah kiri.
  • Bagi motor kopling manual, permasalahan bisa ditandai dengan rantai keteng yang terasa loncat-loncat.
  • Mesin sudah terasa tidak nyaman, meskipun kinerjanya tetap normal.
  • Proses pembakaran di dalam mesin terasa berbeda.

Penyebab Rantai Keteng Aus

Penyebab Rantai Keteng Aus

Secara garis besar, penyebab utama mengapa rantai keteng di dalam mesin motor mengalami keausan yaitu karena usia pakainya. Selain itu, terdapat juga beberapa kebiasaan penggunanya yang bisa menyebabkan rantai keteng mengalami sejumlah masalah.

Salah satunya yaitu karena pemilik kendaraan telat dalam mengganti oli motor mesin atau karena pemakaian motor di luar rekomendasi pabrikan. Sebagai contoh seperti saat kendaraan mengangkut barang terlalu berat sehingga bisa mempercepat rantai keteng mengalami keausan.

Akibat Rantai Keteng Aus

Akibat Rantai Keteng Aus

Sebagaimana diketahui, rantai keteng kendur karena aus memang tidak akan terlalu terasa ke performa mesin. Meskipun demikian, jika dibiarkan terlalu lama maka rantai keteng dapat terlepas dengan sendirinya dari gear ataupun jalurnya.

Di samping itu, rantai keteng yang aus juga bisa menyebabkan beberapa kerusakan pada komponen mesin. Untuk lebih jelasnya, berikut akan kami berikan beberapa penyebab atau efek rantai keteng aus.

  • Putaran dari komponen kruk as ke noken as menjadi terlambat.
  • Proses terbuka dan tertutupnya katup menjadi tidak tepat.
  • Motor sulit untuk dihidupkan.
  • Motor menjadi tersendat-sendat, terutama pada saat putaran tinggi.
  • Suara mesin menjadi berisik.
  • Bagian-bagian terdekat rantai keteng akan mendapatkan gesekan.
  • Motor sering mati pada putaran rendah.

Biaya Ganti Rantai Keteng

Setelah mengetahui beberapa gejala hingga efek dari rantai keteng motor aus, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya penggantiannya. Mungkin ongkos jasa ganti komponen motor ini akan sedikit lebih mahal dibandingkan dengan BIAYA GANTI OLI MOTOR.

Sebab, proses ganti rantai keteng tersebut membutuhkan tingkat ketelitian serta kesabaran cukup tinggi. Daripada penasaran, langsung saja simak baik-baik rincian biaya ganti rantai keteng untuk semua tipe motor di bawah ini, entah itu di bengkel resmi ataupun bengkel mandiri.

Harga Komponen

Harga Komponen 1

Langkah pertama, biasanya pemilik kendaraan diharuskan mengganti komponen rantai keteng dengan yang baru. Umumnya harga komponen rantai keteng original berada di kisaran Rp 200.000 hingga Rp 300.000, tergantung pada tipe motor.

Selain itu, dalam proses ganti rantai keteng, pemilik kendaraan juga diwajibkan untuk mengganti oli mesin motor mereka. Jadi, siapkan biaya untuk pembelian oli mesin dalam proses ganti rantai keteng ini kurang lebih sekitar Rp 30.000 sampai Rp 60.000.

Ongkos Bengkel

Ongkos Bengkel

Untuk ongkos atau upah jas bengkel dalam kegiatan ganti rantai keteng sebenarnya cukup bervariasi, tergantung dengan kebijakan masing-masing bengkel. Umumnya untuk bengkel mandiri mematok biaya sekitar Rp 70.000 sampai Rp 100.000. Sementara bengkel resmi biasanya sedikit lebih tinggi, yaitu sekitar Rp 100.000 hingga Rp 150.000.

Tips Merawat Rantai Keteng

Tips Merawat Rantai Keteng

Di atas sudah kami jelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya ganti rantai keteng untuk semua tipe motor, baik itu di bengkel resmi maupun umum. Nah, komponen rantai keteng motor bisa awet dan tahan lama, sebaiknya ikuti beberapa tips perawatannya di bawah ini.

  • Lakukan pemeriksaan secara rutin minimal 10 bulan sekali.
  • Ganti oli mesin secara berkala.
  • Hindari pemakaian kendaraan yang berlebihan.
  • Jangan biarkan kendaraan dalam keadaan mati terlalu lama, usahakan hidupkan setiap hari.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa besaran tarif jasa bengkel dalam penggantian rantai keteng bisa berbeda antara bengkel resmi dan umum. Selain itu, harga komponen rantai keteng juga sebenarnya cukup bervariasi, tergantung pada tipe serta jenis motornya.

Itulah sekiranya penjelasan seputar rincian biaya ganti rantai keteng motor entah itu di bengkel resmi ataupun bengkel umum dari Biayatarif. Semoga pembahasan di atas bermanfaat serta bisa dijadikan acuan ketika hendak mengganti komponen rantai keteng di bengkel terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Ganti Minyak Rem Mobil

Sofyan
2 min read

Biaya Ganti MCB PLN

Sofyan
2 min read

Biaya Pasang Listrik 900 Watt

Sofyan
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *