Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Pasang Turbo di Mobil Semua Tipe 2022 : Bensin & Diesel

Biaya Pasang Turbo di Mobil

Biaya Pasang Turbo di Mobil – Mempunyai mobil dengan kecepatan tinggi pastinya menjadi impian bagi pecinta dunia otomotif. Oleh karena itu, tak heran apabila mereka rela memodifikasi mesin mobil kesayangannya guna mendapatkan performa yang diinginkan, salah satunya yaitu dengan memasang turbo.

Dimana pemasang komponen tambahan seperti turbo sendiri mampu memberikan daya tambahan pada kendaraan tanpa meningkatkan bobot kendaraan secara signifikan. Secara garis besarnya, turbo bertugas untuk memaksa lebih banyak lagi asupan udara ke dalam silinder mesin sehingga menghasilkan tenaga lebih.

Di Indonesia sendiri, saat ini sudah tersedia cukup banyak bengkel mandiri atau bengkel modifikasi yang menyediakan jasa pasang turbo di mobil. Akan tetapi, pastinya setiap bengkel tersebut mempunyai kebijakan mengenai harga atau upah jasa pasang turbo dan biasanya ditentukan berdasarkan tingkat kerumitannya.

Oleh karena itu, apabila diantara kalian hendak memasang turbo di mobil non-turbo sebagai perangkat tambahan, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap mengenai biaya pasang turbo di mobil dilengkapi dengan tips merawatnya.

Fungsi Turbo di Mobil

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya pasang turbo di mobil, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas fungsi ataupun kegunaan komponen tersebut. Secara garis besarnya, turbo merupakan bagian yang berada di bagian pipa gas pembuangan kendaraan.

Kesehatan

Dimana fungsi turbo pada mobil sendiri yaitu untuk memutar baling-baling sehingga muncul udara yang terkompresi dalam jumlah banyak dengan memanfaatkan gas buang dari mesin. Pada komponen poros turbo, terdapat dua turbin, yakni drive turbin serta driven turbin.

Kelebihan Pasang Turbo di Mobil

Perlu diketahui, sebenarnya mesin turbo mempunyai kelebihan tersendiri apabila dilihat dari sudut pandang lingkungan. Pasalnya mesin tersebut menggunakan gas buangan yang sebenarnya polusi udara sebagai tenaga bantuan untuk proses pembakaran.

Sementara dari segi performa, kelebihan mesin tersebut sebenarnya tergantung pada kendaraan atau mobil itu sendiri. Seiring berjalannya waktu, banyak orang merasa bahwa mesin turbo mobil lebih menguntungkan karena lebih hemat bahan bakar dan ramah lingkungan.

Cara Kerja Turbo di Mobil

Cara Kerja Turbo di Mobil

Selain harus mengetahui besaran biaya pasang turbo di mobil, sebenarnya kalian juga harus mengerti bagaimana sistem ataupun cara kerja komponen tambahan tersebut. Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, turbocharger memanfaatkan aliran udara panas dari gas buang mesin.

Dimana pemanfaatan ini bertujuan supaya bisa menambah tekanan dan kepadatan udara di ruang bakar. Cara atau sistem kerjanya yaitu gas buang berasal dari mesin tidak secara langsung diarahkan ke bagian pembuangan knalpot.

Akan tetapi, diarahkan terlebih dahulu ke bagian turbo mobil yang di dalamnya terdapat sebuah turbin memutar. Kemudian kompresor nantinya bisa memanfaatkan energi mekanis untuk memapatkan ataupun menghisap lebih banyak udara dari luar ke dalam ruang bakar.

Untuk putaran di dalam turbo sendiri bisa mencapai hingga sebesar 150.000 rpm yang menunjukkan lebih cepat hingga 30 kali lipat ketimbang putaran mobil biasa. Pada intinya, turbo akan membuat mesin mobil menjadi lebih cepat dibandingkan mesin biasa.

Biaya Pasang Turbo di Mobil

Setelah mengetahui beberapa fungsi atau kegunaan, kelebihan hingga cara kerja turbo di mesin mobil, maka selanjutnya kalian juga harus mengetahui berapa besar biaya pemasangannya. Sebagai informasi tambahan, sebenarnya biaya pasang turbo di mobil sendiri akan sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan biaya tune up mobil, entah itu pada jenis mobil bensin maupun diesel.

Pada dasarnya, besaran biaya pasang perangkat turbo pada mobil harian tergantung dari beberapa hal yang dibutuhkan. Menurut beberapa sumber bengkel berpengalaman, biaya pemasangan komponen turbo di mobil berada di kisaran Rp 35.000.000 sampai Rp 50.000.000, tergantung merk dan harga turbo itu sendiri.

Knalpot Mobil

Dimana di dalam perkiraan biaya tersebut masih belum termasuk untuk biaya penyetelan mesin serta pemasangan sistem elektronik lainnya, seperti turbo timer, turbo modul hingga unichip. Oleh sebab itu, konsultasikan terlebih dahulu ke para ahlinya sebelum memutuskan untuk memasang turbo di mobil.

Tips Merawat Mobil Turbo

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya pasang turbo di mesin mobil dilengkapi dengan fungsi atau kegunaan, kelebihan hingga cara kerjanya. Nah, supaya perangkat turbo di kendaraan bisa awet dan tahan lama, sebaiknya ikuti beberapa tips merawatnya di bawah ini.

  • Pahami bagaimana cara menggunakan mesin turbo.
  • Gunakanlah bahan bakar yang tepat.
  • Perhatikan pemakaian oli mesin mobil.
  • Selalu lakukan perawatan pada filter udara.
  • Selalu perhatikan lampu indikator.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini untuk memodifikasi kendaraan khususnya mobil supaya bisa memiliki tenaga besar dan kecepatan tinggi, turbo bisa menjadi salah satu alternatifnya. Namun, perlu diingat bahwa untuk pemasangan turbo di mobil sendiri membutuhkan anggaran dana tidak sedikit.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya pasang turbo di mobil untuk semua tipe atau jenis dilengkapi dengan fungsi, kelebihan hingga cara kerjanya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memasang turbo di mesin mobil.

Sumber gambar : momobil.id

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.