Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

6 Biaya Pembekuan Sel Telur 2022 : Manfaat, Prosedur & Efek Samping

Biaya Pembekuan Sel Telur

Biaya Pembekuan Sel Telur – Sebagaimana diketahui, kebanyakan wanita memasuki masa menopause di usia akhir 40-an atau awal 50-an. Dimana pada tahun-tahun sebelum memasuki menopause, kesuburan seorang wanita akan semakin menurun sehingga mereka lebih sulit untuk hamil atau mengandung.

Oleh sebab itu, beberapa wanita kini lebih memilih melakukan pembekuan sel telur supaya tetap bisa mempunyai keturunan di kemudian hari. Proses pembekuan sel telur atau bisa dikenal sebagai kriopreservasi oosit sendiri merupakan sebuah metode untuk menunda kehamilan serta menyelamatkan kemampuan wanita supaya bisa hamil kembali di masa mendatang.

Tidak hanya di luar negeri saja, saat ini pembekuan sel telur atau egg freezing juga sudah bisa dilakukan di sejumlah tempat pelayanan kesehatan di Indonesia, mulai dari Klinik Yasmin Kencana, RS Bunda, RSCM sampai Klinik Teratai Rumah Sakit Gading Pluit. Tentunya setiap tempat pelayanan kesehatan tersebut memberlakukan tarif atau harga pembekuan sel telur.

Nah, jika diantara kalian berencana melakukan pembekuan sel telur di klinik atau rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai biaya pembekuan sel telur di Indonesia dilengkapi prosedur hingga efek sampingnya.

Tujuan Pembekuan Sel Telur

Sebelum membahas poin utama mengenai biaya pembekuan sel telur berlanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu sekilas tujuannya. Sebenarnya, tujuan utama pembekuan sel telur yaitu untuk mengatasi beberapa penyakit tertentu yang mempengaruhi kesehatan sel telur wanita.

Kesehatan

Adapun beberapa jenis penyakit tersebut diantaranya yaitu seperti kanker, lupus serta penyakit ovarium yang dapat mempengaruhi produksi sel telur sehat perempuan. Namun, seiring berjalannya waktu, pembekuan sel telur juga kini bisa dimanfaatkan oleh seseorang yang ingin hamil kembali di masa mendatang.

Manfaat Pembekuan Sel Telur

Seperti dijelaskan sebelumnya, pada proses pembekuan sel telur, telur yang diambil dari ovarium akan dibekukan tanpa dibuahi lalu disimpan untuk digunakan di kemudian hari. Nantinya telur beku tersebut bisa dicairkan, kemudian dikombinasikan dengan sperma di laboratorium dan ditanamkan di dalam rahim.

Biasanya wanita lebih mudah mempunyai tingkat keberhasilan pembekuan sel telur lebih tinggi dibandingkan wanita tua. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan sejumlah manfaat melakukan pembekuan sel telur.

  • Pembakuan sel telur memungkinkan seorang wanita mengejar tujuan pribadi serta profesional tanpa harus mengambil risiko menjadi ibu.
  • Pembekuan sel telur memungkinkan seorang wanita untuk menikah sampai menemukan orang tepat.
  • Pembekuan sel telur mampu memberikan ketenangan pikiran.
  • Pembekuan sel telur memberi harapan besar bagi seorang wanita dalam memiliki keturunan meskipun mempunyai riwayat keluarga terkait masalah kesuburan.
  • Seorang wanita bisa menjalani pengobatan kanker tanpa perlu mengkhawatirkan efek ketidaksuburan.

Prosedur Pembekuan Sel Telur

Prosedur Pembekuan Sel Telur

Perlu diketahui, sebenarnya proses pembekuan sel telur juga termasuk ke dalam prosedur program bayi tabung. Meskipun demikian, selain harus mengetahui besaran biaya pembekuan sel telur, kalian juga pastinya wajib mengetahui bagaimana tahapan-tahapan ataupun langkah-langkah medisnya.

Pertama-tama, dokter akan memasukkan jarum ke dalam folikel ovarium untuk mengambil telur setelah matang menggunakan ultrasound guna memandu prosedurnya. Akan tetapi, apabila telur tidak terlihat selama pencitraan ultrasound, maka dokter mungkin akan melakukan operasi perut untuk mengangkatnya.

Melalui pendekatan lebih invasif ini dokter membuat sayatan kecil di area perut pasien menggunakan obat penenang serta obat nyeri. Kemudian tahap selanjutnya dokter memasukkan jarum untuk mengeluarkan sel telur pasien. Setelah telur berhasil terambil, pembekuan harus segera dilakukan.

Namun, telur penuh dengan air bisa merusak kristal es apabila terjadi pembekuan sesegera mungkin. Maka dari itu, untuk mencegahnya dokter menyuntikkan larutan khusus ke dalam telur sebelum memulai membekukannya. Setelah wanita siap menggunakan sel terlurnya, mereka wajib menjalani fertilisasi in vitro terlebih dahulu.

Pada fertilisasi in vitro tersebut, spesialis kesuburan membuahi sel telur di laboratorium menggunakan sperma dari pasangan wanita maupun dari pendonor. Jika semua prosedurnya berhasil, maka sel telur serta sperma berkembang menjadi embrio yang mengalami implantasi di rahim wanita beberapa hari kemudian.

Biaya Pembekuan Sel Telur

Setelah mengetahui manfaat hingga prosedur pembekuan sel darah di sejumlah klinik ataupun rumah sakit di Indonesia, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya atau tarif jasa pelayanannya. Namun sayangnya, untuk saat ini tidak ada informasi pasti berapa besar biaya pembekuan sel telur.

Dimana prosedur pembekuan sel telur akan dilakukan oleh seorang wanita ketika menjalani program bayi tabung. Jadi, kalian tidak bisa sekedar datang ke klinik atau rumah sakit dan meminta untuk diambil serta dibekukan sel telurnya. Agar lebih jelasnya, berikut adalah estimasi rincian biaya pembekuan sel telur.

KeteranganBiaya
Joining feeRp 1.650.000
Konsultasi dokter 4x (Pemeriksaan folikel dan klinik)Rp 1.800.000
Screening testRp 5.263.000
Invitro Fertilization
Anasthesi
Assisted Hatching
Ovum Pick Up
Preparasi Sperma
Pembuahan dan Kulturisasi telur
Transfer Embrio
Dokter
IVF Lab
Rp 26.000.000
Pembekuan embrioRp 1.500.000
Biaya di atas dapat berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan klinik atau rumah sakit.

Selain perlu mempersiapkan sejumlah anggaran biaya di atas, seorang wanita yang hendak menjalani pembekuan sel telur juga perlu mempersiapkan anggaran dana untuk bank sperma serta embrio. Dimana untuk penyimpanan selama 6 bulan dibutuhkan biaya sebesar Rp 1.650.000. Namun, biaya tersebut juga belum mencakup konsultasi dokter, obat-obatan hingga biaya administrasi lainnya.

Efek Samping Pembekuan Sel Telur

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai manfaat, prosedur hingga biaya pembekuan sel telur di Indonesia. Meskipun pembekuan sel telur merupakan prosedur aman dilakukan, namun bukan berarti tindakan medis tersebut tidak mempunyai efek samping atau risiko sama sekali.

Umumnya, setelah pengambilan sel telur, beberapa pasien mungkin mengalami sejumlah efek samping seperti kram, kembung hingga bercak. Selain itu, di bawah ini adalah beberapa efek samping atau risiko setelah menjalani pembekuan sel telur di klinik ataupun rumah sakit Indonesia.

  • Penambahan berat badan.
  • Perut menjadi kembung atau terasa tidak nyaman.
  • Pasien mengalami perubahan suasana hati.
  • Pasien mengalami sakit kepala.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa sebenarnya proses pembekuan sel telur seorang wanita termasuk ke dalam prosedur program bayi tabung. Sementara untuk besaran biayanya sendiri mungkin akan berbeda di sejumlah tempat, tergantung pada kelengkapan peralatan medis, tingkat kesulitan hingga risiko tindakannya.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya pembekuan sel telur di Indonesia, entah itu di klinik maupun rumah sakit. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika ingin menjalani prosedur pembekuan sel telur di rumah sakit ataupun klinik terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.