Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Cek Sperma di Prodia 2021 (Kriteria, Syarat & Prosedur)

Biaya Cek Sperma di Prodia

Biaya Cek Sperma di Prodia – Analisis sperma ialah sebuah prosedur pemeriksaan untuk menilai kualitas serta kuantitas sperma seorang pria. Dimana pemeriksaan yang juga biasa disebut dengan sperm count ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesuburan seorang pria.

Pengecekan sperma sendiri biasanya dilakukan dengan memeriksa jumlah sel sperma, bentuk atau morfologi sel sperma hingga pergerakan atau mobilitas sel sperma. Apabila setelah mendapatkan jumlah, bentuk dan pergerakan sel sperma tidak normal, maka kemungkinan besar kesuburan pria akan terganggu.

Saat ini prosedur pemeriksaan sperma sendiri sudah dapat dilakukan di berbagai macam pusat pelayanan kesehatan, baik itu di rumah sakit. klinik laboratorium dan lain sebagainya. Salah satu klinik laboratorium yang sudah menyediakan fasilitas pemeriksaan sperma tersebut yaitu Klinik Prodia.

Akan tetapi, pastinya Klinik Prodia memiliki ketentuan mengenai tarif atau harga jasa pelayanan pengecekan sperma pasiennya. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan secara lengkap besaran biaya cek sperma di Prodia dilengkapi dengan prosedur pelaksanaannya.

Tujuan Cek Sperma

Seperti dijelaskan sebelumnya, pengecekan analisis sperma bisa menilai kondisi kesehatan sperma seorang pria secara keseluruhan. Prosedur tersebut akan membantu dokter dalam menentukan penyebab gangguan kesuburan pasangan suami istri yang mengalami kesulitan untuk hamil.

Dengan kata lain, pemeriksaan tersebut dapat digunakan untuk memastikan apakah gangguan sperma menjadi penyebab ketidaksuburan pasangan atau tidak. Selain itu, cek sperma di Klinik Prodia juga bisa menjadi indikasi berhasil atau tidaknya vasektomi.

Umumnya dokter akan menyarankan pasiennya melakukan cek analisis sperma sebulan sekali selama tiga bulan. Prosedur tersebut wajib dilakukan oleh seorang pria untuk memastikan tidak ada sperma dalam air mani.

Kriteria Sperma Normal

Sebelum pembahasan utama mengenai biaya cek sperma di Prodia berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu kriteria sperma normal. Perlu diketahui, dokter biasanya menyarankan pasiennya melakukan cek analisis sperma sebanyak dua kali atau bahkan lebih.

Hal ini dikarenakan hasil analisis sperma bisa bervariasi setiap harinya. Oleh karena itulah biasanya pengecekan sperma akan dilakukan lebih dari sekali untuk mendapatkan nilai rata-rata supaya hasilnya lebih akurat. Berikut adalah kriteria sperma normal pada pria.

  • Jumlah sel sperma dalam air mani normal : 39 juta sampai 928 juta sel.
  • Volume air mani normal : 1.5 mililiter sampai 7.6 mililiter.
  • Konsentrasi sel sperma normal di dalam air mani : 15 juta hingga 259 juga per mililiter.
  • Motilitas sperma normal : 32% sampai 75%.
  • Morfologi sperma normal : 4% hingga 48%.

Syarat Cek Sperma di Prodia

Ketika seseorang hendak menjalani cek sperma di Klinik Laboratorium Prodia, tentunya mereka harus memenuhi beberapa syarat dan ketentuannya. Adapun beberapa syarat dan ketentuan pemeriksaan sperma di Klinik Laboratorium Prodia tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Kondisi pria pada hari pemeriksaan dalam kondisi sehat dan cukup istirahat, tidak lelah atau dalam keadaan lapar.
  • Sperma dikeluarkan setelah tidak melakukan ejakulasi dengan cara apapun selama 2 sampai 7 hari.
  • Tidak diperbolehkan menampung sperma di kondom.
  • Menggunakan wadah penampung steril berbahan dasar dari gelas.
  • Gelas penampung harus ditutup rapat.
  • Suhu sperma harus dipertahankan dalam suhu antara 25 sampai 35 derajat celcius.

Prosedur Cek Sperma di Prodia

Selain harus mengetahui biaya cek sperma di Prodia, tentunya kalian juga harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaannya. Biasanya Klinik Laboratorium Prodia menyediakan sebuah ruangan khusus bagi pasien yang hendak mengambil sampel sperma.

Dimana salah satu cara untuk pengambilan sampel sperma di Prodia tersebut yaitu melalui masturbasi. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik tata cara atau prosedur cek sperma di Klinik Laboratorium Prodia di bawah ini.

  • Bersihkan tangan dan alat kelamin menggunakan sabun serta air bersih, kemudian keringkan.
  • Selanjutnya buka tutup wadah, pastikan wadah sampel sperma tersebut bersih, kering dan steril.
  • Ketika akan mencapai tahap ejakulasi, posisikan wadah sampel supaya sperma dapat masuk ke dalam wadah tersebut.
  • Perlu diingat, jangan memasukkan sperma yang tumpah ke dalam wadah sampel tersebut.
  • Setelah sampel sperma berhasil dimasukkan, tutup kembali wadah rapat-rapat dengan segera.
  • Tahap terakhir, berilah nama, tanggal serta waktu pengambilan sampel sperma pada wadah.

Biaya Cek Sperma di Prodia

Perlu diketahui, sebenarnya prosedur cek sperma ini perlu dilakukan oleh seorang pria ketika hendak menjalani pernikahan. Mungkin jenis pemeriksaan sperma ini juga akan masuk ke dalam prosedur premarital check up di Klinik Prodia untuk mendeteksi penyakit menular seperti HIV atau AIDS.

Sementara untuk besaran biaya cek analisis sperma sendiri biasanya sama untuk semua cabang Klinik Laboratorium Prodia, yaitu mulai dari Rp 450.000 per pengecekannya. Meskipun terdapat perbedaan harga atau tarif jasa pelayanan, itupun sebenarnya selisihnya tidak akan terlalu jauh.

Maka dari itu, saran kami sebaiknya siapkan anggaran biaya cek sperma di Prodia melebihi estimasi di atas untuk berjaga-jaga apabila terjadi penyesuaian tarif. Selain itu, pastikan juga bahwa kondisi kalian dalam keadaan sehat, tidak lelah, mengantuk ataupun lapar pada saat ingin menjalani cek sperma.

Tips Menghasilkan Sperma Sehat

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya cek sperma di Klinik Prodia untuk semua cabang dilengkapi prosedur pelaksanaannya. Nah, di bawah ini juga akan kami berikan beberapa tips supaya bisa menghasilkan sperma sehat. Agar lebih jelasnya, berikut adalah tips menghasilkan sperma sehat.

  • Perbanyak konsumsi buah dan sayuran.
  • Menjaga berat badan tetap ideal.
  • Rutin berolahraga.
  • Berhenti merokok.
  • Hindari minum alkohol.
  • Kelola stres.
  • Menjaga suhu tubuh tetap normal.
  • Cegah infeksi menular seksual.
  • Menghindari penggunaan celana ketat.
  • Hindari bahan kimia beracun.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa besaran biaya cek sperma di Klinik Laboratorium Prodia hampir sama di setiap cabangnya. Selain itu, untuk prosedur pelaksanaan pemeriksaannya sendiri sebenarnya sama saja, yaitu dengan melakukan pengambilan sampel sperma pasien.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar besaran biaya cek sperma di Prodia semua cabang dilengkapi dengan prosedur pemeriksaannya. Semoga informasi di atas bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani cek sperma di Klinik Prodia terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *