Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

√ Biaya Tes TORCH di Cito 2022 : Jenis, Prosedur & Efek Samping

Biaya Tes TORCH di Cito
Advertisements

Biaya Tes TORCH di Cito – tes TORCH ialah sebuah pemeriksaan untuk mendeteksi penyakit atau infeksi pada ibu hamil guna mencegah komplikasi pada bayi di dalam kandungan. Adapun beberapa jenis penyakit yang dimaksud di sini ialah Toksoplasmosis, infeksi lain/Other infection, Rubella, Cytomegalovirus serta Herpes simplex virus sehingga disingkat menjadi TORCH.

Perlu diketahui, tes TORCH sendiri sebenarnya tidak hanya bisa dilakukan oleh ibu hamil saja, namun perempuan yang sedang menjalankan program hamil juga dapat menjalani tes tersebut. Pada intinya, tes TORCH dilakukan untuk mendeteksi antibodi yang dihasilkan tubuh saat terserang mikroorganisme penyebab penyakit-penyakit infeksi tersebut.

Di Indonesia sendiri saat ini tes TORCH sudah dapat dilakukan di berbagai macam pusat pelayanan kesehatan, salah satunya yaitu di Klinik Laboratorium Cito. Akan tetapi, tentunya setiap cabang Klinik Laboratorium Cito di seluruh wilayah Indonesia mempunyai ketentuan mengenai tarif atau harga jasa untuk setiap pelayanan pemeriksaan TORCH.

Advertisements

Maka dari itu, apabila kalian berencana menjalani pemeriksaan TORCH di Klinik Lab Cito terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara rinci mengenai biaya tes TORCH di Cito semua cabang dilengkapi prosedur hingga risiko pemeriksaannya.

Advertisements

Kegunaan Tes TORCH

Kegunaan Tes TORCH
Advertisements

Seperti sudah kami singgung sebelumnya, tes TORCH ialah sebuah rangkaian pemeriksaan yang akan dilakukan guna mendeteksi penyakit infeksi pada ibu hamil beserta calon bayi di dalam kandungannya. Pada umumnya, pemeriksaan TORCH sendiri dilakukan sebagai skrining awal infeksi dengan mendeteksi kadar antibodi bernama imunoglobi.

Secara garis besar, tes TORCH dilakukan untuk mendeteksi ada atau tidaknya virus beberapa jenis penyakit infeksi seperti toksoplasmosis, rubella, cytomegalovirus dan herpes simpleks pada janin. Jika ibu hamil terkena infeksi selama masa kehamilan, maka kemungkinan besar janin juga nantinya akan ikut terinfeksi.

Sebagai informasi tambahan, janin sendiri lebih rentan mengalami infeksi pada saat usia kandungan menginjak 3 sampai 4 bulan. Dimana infeksi TORCH sendiri dapat menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan pada bayi seperti cacat lahir, pertumbuhan terhambat hingga gangguan otak serta sistem saraf.

Indikasi Tes TORCH

Rata-rata dokter spesialis kandungan di Klinik Laboratorium Cito merekomendasikan pasien untuk melakukan tes TORCH pada saat mereka memasuki usia kehamilan pertama. Selanjutnya, tes akan dilaksanakan kembali apabila calon ibu mengalami beberapa gejala infeksi selama masa kehamilan berlangsung.

Selain pada ibu hamil, tes TORCH juga sebenarnya dapat dilakukan oleh bayi apabila mereka mengalami beberapa gejala atau tanda-tanda infeksi. Oleh sebab itu, sebelum membahas poin utama mengenai biaya tes TORCH di Klinik Cito lebih lanjut, sebaiknya pahami beberapa indikasi bayi membutuhkan tes TORCH berikut ini.

  • Ukuran tubuh lebih kecil jika dibandingkan dengan umurnya di kandungan.
  • Tuli.
  • Pertumbuhan terhambat.
  • Kejang-kejang.
  • Kelainan jantung.
  • Katarak.
  • Pembesaran pada hati atau limpa.
  • Kadar trombosit rendah.
  • Bayi kuning.

Panel Tes TORCH di Cito

Untuk saat ini, hampir semua cabang Klinik Laboratorium Cito menyediakan layanan tes TORCH kepada para pelanggannya. Dimana tes TORCH di semua cabang Klinik Lab Cito sendiri terdiri ari beberapa jenis paket atau panel pemeriksaan. Sebagai bahan gambaran, di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap panel pemeriksaan TORCH di Cito.

  • IgM/IgG Toxoplasma
  • IgM/IgG Rubella
  • IgM/IgG CMV
  • IgM/IgG HSV 2

Prosedur Tes TORCH di Cito

Prosedur Tes TORCH di CITO

Selain harus mengetahui besaran biaya tes TORCH di Klinik Laboratorium Cito, kalian juga sebenarnya perlu memahami bagaimana prosedur pelaksanaannya. Secara garis besar, prosedur pemeriksaan TORCH di Cito hampir sama seperti halnya prosedur tes TORCH di Lab Kimia Farma. Agar lebih jelasnya, berikut adalah prosedur tes TORCH di Cito.

  • Langkah pertama, petugas medis membersihkan lokasi pengambilan darah menggunakan cairan antiseptik.
  • Kemudian lengan atas pasien diikat dengan perban elastis supaya aliran darah bisa terkumpul sehingga pembuluh darah vena mudah untuk ditemukan.
  • Apabila pembuluh vena ketemu, darah kemudian akan diambil menggunakan suntikan.
  • Dokter biasanya akan menggunakan tabung khusus di belakang jarum suntik untuk menampung darah pasien.
  • Lalu setelah jumlah darah di dalam tabung dirasa sudah cukup, jarum suntikan dilepas.
  • Tahap terakhir, bekas luka suntikan akan ditutup menggunakan perban.

Biaya Tes TORCH di Cito

Setelah mengetahui sejumlah manfaat, indikasi, jenis panel hingga prosedur tes TORCH di Klinik Lab Cito, maka tahap selanjutnya yaitu tinggal mencari tahu berapa besaran biayanya. Sebagaimana diketahui, saat ini hampir semua cabang Klinik Laboratorium Cito sudah menyediakan panel pemeriksaan TORCH kepada para pasiennya.

Maka dari itu, bisa diambil kesimpulan bahwa besaran biaya tes TORCH di Klinik Cito akan sama di setiap cabangnya. Meskipun memiliki perbedaan tarif, itupun selisihnya biasanya tidak akan terlalu jauh. Dimana besaran biaya tes TORCH di Klinik Laboratorium Cito saat ini berada di kisaran Rp 2.970.000 per pemeriksaannya.

Apabila dibandingkan dengan tes TORCH di Pramita, maka besaran biaya pemeriksaan TORCH di Klinik Cito sedikit lebih murah. Namun, untuk kualitas pelayanannya sendiri sebenarnya sama saja, karena kedua klinik laboratorium tersebut menggunakan perlengkapan ataupun peralatan medis seusai standar dari pemerintah Indonesia.

Risiko Tes TORCH di Cito

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai biaya tes TORCH di Klinik Laboratorium Cito semua cabang dilengkapi prosedur pemeriksaannya. Perlu diketahui bahwa jenis pemeriksaan tersebut mempunyai risiko atau efek samping kepada para pasien, meskipun memang cukup jarang terjadi. Adapun beberapa risiko tes TORCH di Cito tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Pasien mengalami pendarahan cukup parah.
  • Pasien kehilangan kesadaran sementara atau pingsan.
  • Diperlukan adanya cukup banyak suntikan dalam menemukan pembuluh darah vena.
  • Penumpukan darah di bawah kulit pasien sehingga menjadi lebam.
  • Pasien mengalami infeksi akibat luka suntikan.

Kesimpulan

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayatarif seputar biaya tes TORCH di Cito semua cabang dilengkapi dengan manfaat, indikasi, jenis panel pemeriksaan, prosedur tes hingga risikonya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani tes TORCH di Klinik Cito terdekat.

Advertisements
Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.