Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Biaya Operasi Ligamen Lutut 2021 (Pasien Umum & BPJS)

Biaya Operasi Ligamen Lutut

Biaya Operasi Ligamen Lutut – Cedera ACL (Anterior Cruciate Ligament) ialah sebuah keadaan terjadinya peregangan berlebihan sehingga ligamen anterior cruciatum di area lutut menjadi putus atau robek. Pada kasus tersebut, robeknya ligamen bisa saja hanya sebagian atau bahkan sepenuhnya.

Umumnya, cedera ligamen lutut terjadi pada orang-orang yang aktif dalam berolahraga dengan intensitas tinggi seperti atlet sepak bola ataupun basket. Seseorang yang mengalami cedera ACL bisa sembuh seiring berjalannya waktu dengan bantuan dari tenaga ahli atau dokter spesialis serta menjalani terapi fisik.

Namun, jika robekan ligamen lutut terjadi sangat parah, maka biasanya mereka membutuhkan proses operasi pembedahan dan penggantian ligamen. Untungnya, saat ini hampir seluruh rumah sakit khusus ortopedi di Indonesia yang menyediakan fasilitas operasi ligamen lutut pada pasiennya.

Apabila kalian berencana menjalani operasi ligamen lutut di rumah sakit terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu berapa besar biayanya. Untuk membantunya, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara tuntas mengenai rincian biaya operasi ligamen lutut, baik itu bagi pasien umum ataupun BPJS.

Gejala Cedera Ligamen Lutut

Gejala Cedera Ligamen

Sebelum pembahasan utama mengenai estimasi biaya operasi ligamen lutut di rumah sakit lebih lanjut, sebaiknya pahami terlebih dahulu beberapa tanda atau gejala cedera tersebut. Adapun sejumlah gejala cedera pada ligamen lutut seseorang diantaranya yaitu seperti di bawah ini.

  • Munculnya suara keras di lutut saat terjadi cedera.
  • Rasa sakit sangat parah sehingga tidak bisa melanjutkan kegiatan.
  • Lutut mengalami pembengkakan setelah beberapa jam kemudian.
  • Seseorang kehilangan rentang gerak sendi lutut.
  • Tubuh terasa tidak stabil dengan bantalan berat.

Penyebab Cedera Ligamen Lutut

Penyebab Cedera Ligamen

Sebagaimana diketahui, cedera ligamen lutut pada seseorang tentunya disebabkan oleh sejumlah faktor. Seperti dijelaskan sebelumnya, biasanya cedera ligamen lutut khususnya ACL ini kerap dialami oleh seseorang yang menjalani aktivitas berolahraga dengan intensitas tinggi. Di bawah ini adalah beberapa faktor penyebab cedera ligamen lutut.

  • Gerakan secara tiba-tiba melambat serta mengubah arah.
  • Berputar badan dengan kaki menekan sangat kuat.
  • Mendarat dari lompatan tinggi dengan posisi kaki salah.
  • Berhenti secara mendadak.
  • Lutut terkena benturan keras secara langsung.

Prosedur Operasi Ligamen Lutut

Prosedur Operasi Ligamen Lutut

Selain harus mengetahui besaran biaya operasi ligamen lutut, pasien juga harus mengerti bagaimana prosedur pelaksanaan operasinya. Hal ini bertujuan agar nantinya pasien bisa memiliki persiapan lebih matang sebelum menjalani operasi ligamen lutut di rumah sakit.

Sebelum melaksanakan operasi, biasanya dokter akan menjelaskan apa saja prosedur atau tahapan-tahapannya. Akan tetapi, secara garis besar prosedur operasi ligamen lutut di rumah sakit biasanya terdiri dari beberapa hal seperti di bawah ini.

  1. Pertama-tama, dokter memberikan anestesi umum pada area ligamen lutut pasien.
  2. Apabila anestesi bekerja, dokter membuat terowongan di dalam tulang kering lutut (tibia) serta paha (femur).
  3. Kemudian dokter memasukkan cangkok jaringan melalui terowongan tersebut dengan cara ditarik menggunakan jarum panjang.
  4. Setelah cangkok jaringan berhasil muncul pada lokasi robeknya ligamen lutut, selanjutnya dokter membuat modifikasi berupa pengikatan, pembuatan batang, pengapit sampai sekrup guna memastikan cangkok tertahan dengan baik.
  5. Terakhir, ACL baru sudah berhasil dibuat. Dengan kata lain rekonstruksi ACL tersebut membantu pasien supaya bisa menggunakan kembali fungsi lutut seperti semula.

Biaya Operasi Ligamen Lutut

Biaya Operasi Ligamen Lutut di Rumah Sakit

Perlu diketahui, tentunya biaya operasi ligamen lutut di rumah sakit akan jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan OPERASI LEPAS PEN. Hanya saja kebanyakan rumah sakit di Indonesia sudah menyediakan fasilitas operasi ligamen lutut baik itu bagi pasien umum maupun BPJS. Daripada penasaran, berikut akan kami berikan estimasi biaya operasi ligamen lutut.

Pasien Umum

Besaran biaya operasi ligamen lutut di rumah sakit Indonesia tentunya sangat bervariasi, tergantung pada tingkat keparahan, kerumitan hingga risiko pembedahannya. Umumnya, rumah sakit di Indonesia mematok harga atau tarif operasi ligamen lutut mulai dari Rp 18.000.000 hingga Rp 85.000.000 per lutut.

Pasien BPJS

Jika pasien merupakan peserta BPJS Kesehatan milik pemerintah, maka mereka berhak mendapatkan keringanan atau bahkan tidak dikenai biaya sepeserpun alias gratis asalkan memenuhi semua syarat beserta ketentuannya. Dimana salah satu syarat utamanya yaitu pasien harus memiliki surat rujukan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat I sesuai pada keterangan di kartu BPJS mereka.

Efek Samping Operasi Ligamen Lutut

Efek Samping Operasi Ligamen Lutut

Di atas sudah dibahas secara rinci mulai dari gejala, penyebab, prosedur sampai estimasi biaya operasi ligamen lutut di rumah sakit dalam negeri. Meskipun operasi ligamen lutut merupakan prosedur aman, namun tetap saja terdapat beberapa risiko atau efek samping yang bisa dialami oleh pasien, diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Infeksi.
  • Transmisi virus.
  • Pendarahan.
  • Mati rasa.
  • Penggumpalan darah.
  • Mengalami ketidakstabilan.
  • Mengalami kekakuan.
  • Kegagalan mekanisme ekstensor.
  • Cedera plat perumbuhan.
  • Nyeri tempurung lutut.

Kesimpulan

Dari informasi di atas dapat diambil kesimpulan bahwa tarif operasi ligamen lutut di rumah sakit dalam negeri dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain itu, sebagian besar rumah sakit tersebut juga sudah melayani pasien sebagai peserta BPJS Kesehatan sehingga menjadi keuntungan tersendiri.

Demikian pembahasan dari Biayatarif seputar estimasi biaya operasi ligamen lutut dilengkapi prosedur pelaksanaannya, baik itu pasien umum ataupun BPJS. Semoga pembahasan di atas bermanfaat sekaligus bisa dijadikan sebagai referensi ketika hendak menjalani operasi ligamen lutut di rumah sakit terdekat.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *