Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

2 Biaya Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta 2022 : Putra & Putri

Biaya Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta

Biaya Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta – Sebagian besar warga kota Purwakarta pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Pondok Pesantren Al Muhajirin. Dimana ponpes yang terletak di Nagri Kaler, Purwakarta ini tergolong ke dalam pesantren salaf yang berdiri di bawah naungan Yayasan Al-Muhajirin.

Perlu diketahui, pendidikan salaf biasanya lebih mengutamakan ajaran-ajaran pada penguasaan kitab kuning atau sering disebut juga dengan kitab gundul. Meskipun demikian, Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta juga masih memperkenalkan sistem jenjang kelas dengan materi berfokus pada kitab kuning atau kitab klasik.

Seperti halnya pondok pesantren pada umumnya, Ponpes Al Muhajirin Purwakarta setiap tahunnya membuka pendaftaran bagi calon santri baru yang ingin melanjutkan pendidikannya. Pastinya setiap calon santri baru yang ingin mendaftar di Ponpes Al Muhajirin Purwakarta perlu memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuannya.

Biaya registrasi hingga uang pendidikan mungkin menjadi salah satu syarat utama supaya proses pendaftaran santri baru di Ponpes Al Muhajirin berjalan lancar. Nah, untuk membantunya pada kesempatan kali ini kami akan memberikan rincian biaya Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta untuk semua jenjang pendidikannya.

Jenjang Pendidikan Ponpes Al Muhajirin Purwakarta

Sebelum pembahasan poin utama mengenai besaran biaya masuk Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta berlanjut, ada baiknya pahami terlebih dahulu apa saja jenjang pendidikannya. Untuk saat ini, Ponpes Al Muhajirin menyediakan 2 jenis jenjang pendidikan pada santrinya, baik itu putra maupun putri.

Kesehatan

Dimana Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta memiliki jenjang pendidikan SMP bagi santri lulusan SD serta SMA atau SMK untuk lulusan SMP/sederajat. Seperti dijelaskan sebelumnya, Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta lebih memfokuskan sistem pembelajaran kitab-kitab kuning atau kitab-kitab klasik.

Meskipun demikian, bukan berarti pihak Ponpes Al Muhajirin hanya menyediakan pembelajaran tersebut, namun mereka juga memiliki beberapa program pembelajaran lainnya. Adapun beberapa program pendidikan atau pembelajaran di Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta tersebut diantaranya yaitu seperti berikut ini.

  • Tahsin dan Tahfidz Al-Quran.
  • Pembiasaan shalat fardlu berjamaah.
  • Pembiasaan shalat dan puasa sunat.
  • Pengkajian ilmu-ilmu agama melalui kitab salaf.
  • Penguasaan bahasa Arab dan bahasa Inggris.
  • Penguasaan Sains dan Teknologi.
  • Pengembangan bakat serta minat (ekstrakurikuler).

Syarat Masuk Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta

Selain harus membayar biaya masuk Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta, calon santri juga pastinya perlu memenuhi sejumlah syarat beserta ketentuan lainnya. Daripada penasaran, di bawah ini akan kami berikan beberapa syarat serta ketentuan pendaftaran santri baru di Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta.

  • Mengisi formulir pendaftaran santri baru.
  • Membayar biaya administrasi pendaftaran sebesar Rp 300.000.
  • Menyerahkan fotokopi akta kelahiran.
  • Menyerahkan fotokopi NISN.
  • Menyerahkan fotokopi KTP orang tua/wali sebanyak 2 lembar.
  • Menyerahkan fotokopi KK.
  • Melampirkan pas foto berlatar belakang merah untuk SMP dan biru untuk SMA/SMK.

Cara Daftar Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta

Seperti halnya Pondok Pesantren Al Andalus Jonggol, proses pendaftaran santri baru di Ponpes Al Muhajirin Purwakarta juga sudah bisa dilakukan secara online. Dimana proses pendaftaran santri baru di Ponpes Al Muhajirin bisa dilakukan entah itu melalui website resmi ataupun melalui fasilitas chat WhatsApp.

Nantinya calon santri diminta untuk mengisi formulir pendaftaran sesuai dengan pemilihan jenjang pendidikannya. Setelah itu, calon santri juga harus melakukan pembayaran atau pelunasan biaya pendaftaran secara online melalui media yang sudah ditentukan dari pihak Pondok Pesantren Al Muhajirin.

Setelah itu, nantinya calon santri akan diberitahukan mengenai jadwal tes online sebagai seleksi ujian masuk. Apabila pada saat pengumuman hasil seleksi tes ujian masuk calon santri dinyatakan lulus, maka mereka akan melaju ke tahap selanjutnya, yaitu registrasi atau daftar ulang.

Biaya Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta

Setelah mengetahui syarat hingga tata cara pendaftaran santri baru di Ponpes Al Muhajirin Purwakarta, selanjutnya kalian juga harus mengerti berapa besar biaya pendidikannya. Hampir sama seperti Pondok Pesantren Tebuireng, Ponpes Al Muhajirin Purwakarta juga membagi biaya pendidikan menjadi dua jenis, yaitu biaya fasilitas pribadi serta uang daftar ulang.

Selain itu, besaran biaya fasilitas pribadi antara jenjang pendidikan SMP dan SMA/SMK sedikit memiliki selisih perbedaan. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik besaran biaya Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta untuk putra dan putri berikut ini, baik itu dari biaya fasilitas pribadi hingga uang pendidikannya.

Biaya Fasilitas Pribadi Santri

KeteranganSMPSMA/SMK
LemariRp 750.000Rp 750.000
Ranjang, kasur, bantal, guling & sepreiRp 1.000.000Rp 1.000.000
Kain seragam (5 stel, jilbab/peci & sarung)Rp 1.250.000Rp 1.250.000
Buku paket dan kitabRp 1.300.000Rp 1.500.000
JUMLAHRp 4.300.000Rp 4.500.000

Biaya Daftar Ulang

KeteranganBiaya
Biaya bulan pertama
– SPP
– Makan 3 kali sehari
– Kesehatan (Poskestren)
– Laundry
– Kamar santri AC
Rp 1.300.000
Penerbitan taqoddum dan kelenderRp 150.000
Raport, papan nama & ID cardRp 100.000
Kegiatan organisasi santrai (OPPAL)Rp 500.000
Biaya bangunanRp 5.000.000
Pemeliharaan sarana & prasaranaRp 1.500.000
Infaq masjidRp 250.000
Infaq pengadaan sumber mata airRp 250.000
Biaya Kegiatan Tahunan (BKT)
– PHBI
– PTS
– PAS
– Milad
– Rihlah
– Qurban
– Kemah
– Ekstrakurikuler
Rp 1.400.000
JUMLAHRp 10.450.000

Dari data keterangan di atas, total biaya masuk Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta yang perlu dipersiapkan oleh calon santri yaitu kurang lebih sekitar Rp 14.750.000 untuk jenjang SMP serta Rp 14.950.000 untuk jenjang SMA dan SMK, baik itu putra maupun putri.

Call Center Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai besaran biaya masuk Pondok Pesantren AL Muhajirin Purwakarta untuk semua jenjang pendidikannya. Apabila masih bingung, saran kami sebaiknya tanyakan secara langsung kepada pihak Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta melalui beberapa contact center berikut ini.

  • Telepon : 1264-8315060 / 081320205747
  • WhatsApp : 08 777 8 678910
  • Email : ponpes.almuhajirin3@gmail.com
  • Facebook : Ponpes Almuhajirintiga Purwakarta
  • Twitter : Al-Muhajirin 3
  • Instagram : Ponpes.Almuhajirin3

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa uang masuk Ponpes Al Muhajirin Purwakarta terbagi menjadi dua kategori, yaitu biaya fasilitas pribadi santri hingga biaya daftar ulang. Selain itu, biasanya antara jenjang pendidikan SMP dan SMA/SMK Ponpes Al Muhajirin memiliki sedikit selisih perbedaan biaya.

Demikian sekiranya pembahasan dari Biayatarif seputar biaya Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta untuk semua jenjang pendidikan dilengkapi syarat hingga prosedur pendaftarannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin mendaftarkan diri di Pondok Pesantren Al Muhajirin Purwakarta.

Sofyan Seseorang Yang Ingin Membahagiakan Keluarga dan Kedua Orang Tuanya. Berusaha Menjadi Seseorang Yang Baik Untuk Sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.